Home Berita Berita Nasional Suami istri penjual es tebu berangkat haji usai 14 tahun nabung uang...

Suami istri penjual es tebu berangkat haji usai 14 tahun nabung uang dalam bambu

94
0
Penjual es tebu di Jombang berangkat haji usai 14 tahun simpan uang dalam bambu

Bagi pasangan suami istri, Abdul Chamid dan Mukhlisoh, tahun ini merupakan tahun yang istimewa bagi keduanya.

Pasalnya, warga Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang tersebut akhirnya bisa berangkat menunaikan ibadah haji.

Sehari-hari pasangan suami istri tersebut berjualan es tebu di Taman Kebonratu, Kepaksari, Jombang.

Bukan perkara mudah bagi keduanya untuk bisa menunaikan rukun Islam yang kelima itu. Mereka harus bekerja keras dan menyisihkan uang selama 14 tahun agar bisa berangkat haji.

Hasil dari berjualan es tebu tidak ditabung di bank, melainkan disimpan dalam celengan bambu.

“Kami daftar haji tahun 2010 dengan dibantu dana talang dari bank. Al Hamdulillah bisa kami lunasi tahun ini,” kata Mukhlisoh, Rabu (11/7/2018).

Dalam kesehariannya berjualan es tebu, pasangan suami istri itu memilih berjalan kaki selama 2 kilometer meski mereka memiliki sepeda.

“Jalan kaki itu sebagai latihan karena kabarnya di sana nanti akan lebih banyak berjalan kaki untuk melaksanakan rukun haji,” ucap Chamid.

Perulaan bulan Agustus nanti, pasangan suami istri penjual es tebu di Jombang itu akan berangkat ke tanah suci setelah terlebih dahulu transit di Asrama Haji Sukolilo.

Dikatakan Mukhlisoh, berangkat haji sudah menjadi tekad keduanya sejak lama. Bukan sekedar ingin menunaikan rukun Islam yang kelima, dengan berangkat haji mereka berharap kehidupan keluarganya menjadi lebih barokah.

“Untuk bisa berangkat haji kami sisihkan unag pecahan Rp500 hingga Rp2000 dalam celengan bambu. Tapi sekarang kami pindahkan ke plastik karena kalau disimpan terlalu dalam bambu uang jadi jamuran,” ucap Mukhlisoh.

Kini di sela-sela kesibukan berjualan es tebu, keduanya selalu menyempatkan hadir dalam pengajian majelis taklim dan KBIH yang diikutinya agar kelak bisa kembali ke tanah air dengan menyandang gelar haji mabrur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here