Cara Meraih Khusyuk dalam Sholat

ilustrasi

Ibadah sholat merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim baik pria maupun wanita yang sudah baligh atau batas minimal umur mendapat beban kewajiban dan berakal sehat. Ketika seseorang sudah baligh dan akalnya sehat diwajibkan mendirikan ibasah sholat,  jika tidak mengerjakan maka akan mendapat dosa.

Ibadah sholat merupakan ibadah yang pertama kali ditanyakan saat di akherat nanti karena begitu wajibnya bagi sertiap orang yang mengaku dirinya beragama Islam. Oleh karena itu jangan sekali-kali meninggalkan ibadah sholat kapan pun dan dimanapun. Karena begitu mudahnya mendirikan sholat, ketika tidak ada air untuk bersuci maka bisa tayamum dengan debu bersucinya. Dan cara ibadah sholatpun dimudahkan jika tidak bisa berdiri bisa secara duduk, berbaring atau terlentang sesuai dengan kemampuan.

Begitu mudahnya beribadah sholat. Ketika seseorang mendirikan ibadah sholat tentu ingin sekali dalam ibadahnya khusyu’ . Sholatnya khusyu’ agar kualitas sholat menjadi bernilai dihadapan Allah sehingga ibadah sholat bisa diterima Allah sebagai amalan kewajiban bagi diri sendiri. Namun bagaimana cara meraih khusyu’ dalam sholat ? berikut bagaimana cara meraih khusyu’ agar ibadah sholat terasa nikmat.

1. Khusyu’ merupakan pemberian Allah

Ketika mendirikan sholat kita harus berusaha untuk khusyu’ agar ibadah terasa nikmat. Memohonlah pada Allah agar kita termasuk dalan orang-orang pilihan yang dicintai sehingga kita rajin beribadah diantaranya adalah sholat. Pada hakekatnya khusyu’ dalam ibadah sholat merupakan pemberian Allah pada orang-orang yang dicintai. Sehingga orang pilihan tersebut beribadah sholat menjadi khusyu’.

2. Bersungguh-sungguh

Ketika seseorang beribadah sholat yang haru diupayakan adalah bersungguh-sungguh. Dengan demikian usaha sungguh-sungguh semoga menjadi sebabnya khusyu’ dalam sholat. Diantaranya adalah memahami apa yang kita baca dalam sholat, meresapi makna dan arti dalam setiap bacaan ketika ruku’ , sujud, dan lain-lain. Ketika kita mulai meresapi setiap bacaan sholat maka pikiran kita akan tetap dalam sholat, tidak pergi kemana-mana seperti ke pasar, ke kantor dan lain-lain

3. Disiplin

Cara selanjutnya meraih khusyu’ dalam sholat adalah disiplin. Ketika seorang hamba ingin ibadah sholat maka harus disiplin dengan tepat waktu sesuai jadwal sholat. Jangan menunda-nunda ketika waktu sholat sudah masuk meskipun waktunya sangat panjang. Karena dengan menunda-nunda membuat sholat tidak khusyu’. Disamping itu Allah menyukai orang yang sholatnya diawal waktu.

4. Jangan buru-buru

Selanjutnya adalah jangan buru-buru dalam ibadah sholat, biasanya ketika kita sedang menjaga toko kemudian mengerjakan sholat dan tiba-tiba ada pembeli memanggil-manggil. Hal demikian membuat sholat tidak khusyu’, maka tutup dahulu tokonya atau bergantian dengan saudara untuk menjaga toko. Contoh lainya adalah ketika mengerjakan ibadah sholat saat acara di tv sedang iklan, kemudian dalam pertengahan sholat sudah mulai lagi sinetronya . Hal inilah membuat tidak khusyu’ maka hindari hal demikian.

Demikian usaha untuk meraih khusyu’ dalam ibadah sholat, berdoalah agar kita termasuk dalam orang yang khusyu’ dalam ibadah dan orang yang dicintai Allah di dunia dan di akhirat , sehingga kita mudah khusyu’ dalam beribadah terutama mendirikan sholat

Semoga bermanfaat.