Viral Mobil Pembawa Peti Jenazah di Banjarnegara Berkeliling Kota Serukan Bahaya Covid-19

Unggahan Video Pocong dan Peti Jenazah Berkeliling Kota Banjarnegara Foto : Istimewa

 

Dikutip dari laman detik.com (23/5/2020), Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono mengatakan, jika dirinya membenarkan foto dan video yang baru-baru ini beredar di media sosial hingga menjadi viral.

 

Dalam unggahan foto dan video tersebut, terlihat sebuah mobil pikap berpelat merah bertuliskan Dinhub Kab. Banjarnegara yang membawa peti jenazah mengelilingi kota Banjarnegara.

 

Bahkan, orang yang berada dalam mobil pikap tersebut juga berpakaian APD lengkap. Selain itu, terlihat juga penampakan orang berkostum pocong yang memakai masker dan berkacamata hitam.

Mobil yang berkeliling kota hingga ke tempat keramaian seperti halnya pasar, membawa peti jenazah bertuliskan ‘peti jenazah corona’.

 

Menurut Budhi, aksi mobil pembawa jenazah berkeliling kota tersebut memang sengaja dilakukan lantaran meningkatnya aktivitas warga dalam beberapa waktu terakhir menjelang Lebaran.

 

 

“Ini merupakan salah satu upaya sosialisasi terkait bahaya Corona. Masyarakat harus memahami risiko dari virus ini. Jangan sampai kita takabur, apalagi kita ini orang beragama,” ujar Budhi.

 

Budhi menambahkan, jika sosialisasi ini sengaja dilakukan untuk mengingatkan seluruh warga Banjarnegara akan dampak dari bahaya virus corona Covid-19. Bahkan, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara sendiri diketahui telah menyiapkan sebanyak 50 peti jenazah. Meskipun, jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Banjarnegara sebanyak 36 orang dan tidak ada yang sampai meninggal dunia.

 

“Ancaman ini nyata adanya kalau masih tetap tidak memperhatikan. Harapannya peti mati ini jangan sampai digunakan,” pungkasnya.