Gereja Katolik di Kaltim Rencana Dibuka 7 Juni 2020

Ilustrasi Foto : ANNECORDON

 

Dikutip dari laman kompas.com (30/5/2020), berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Samarinda Nomor 360/003/300.07 tentang Fase Relaksasi Tahap Pertama Pengendalian Covid-19 di Kota Samarinda, Pemerintah Kota Samarinda berencana akan membuka seluruh tempat ibadah pada 1 Juni mendatang.

 

Hal ini turut disampaikan oleh Wakil Keuskupan Agung Samarinda, Pastor Moses Komela Avan yang mengatakan, bahwa fasilitas kesehatan telah dipersiapkan di sejumlah geraja.

 

“Untuk mengatur mekanisme ibadah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan kami masih menunggu surat edaran dari Keuskupan Agung Samarinda,” ungkapnya.

 

Terkait protokol kesehatan yang ada, pihaknya tengah menyiapkan waktu untuk melakukan sosialisasi ke tingkat stasi (kelurahan).

 

“Umat yang hadir di gereja wajib mematuhi aturan saat ibadah, maka dari itu dibutuhkan sosialisasi. Waktu yang dibutuhkan harus benar-benar dipersiapkan dengan matang, mengingat penyebaran virus Covid-19 ini sangat mudah dan cepat,” jelasnya.

 

Penyusunan panduan atau mekanisme yang diperuntukkan bagi  jemaah, masih disusun oleh Keuskupan Agung yang tetap merujuk pada protokol kesehatan. Di tengah pandemi Covid-19, pemantauan bahkan masih dilakukan di sejumlah kegiatan ibadah di daerah lain di Indonesia sesuai dengan penerapan new normal.

 

“Secara serentak kemungkinan (ibadah) di gereja akan dilaksanakan di Kaltim. Namun soal waktunya kapan belum dapat dipastikan. Apakah hari Minggu, 7 Juni 2020 sudah ibadah di gereja atau belum belum tahu,” pungkasnya.