Asal Muasal Pasar Jongkeng Panguragan Cirebon

Ilustrasi

Rancah.com – Memang unik nama ini,PASAR JONGKENG yang berada di desa Panguragan Kulon, kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. Mampu memberikan kontribusi bagi Pemerintah Desa dan salah satu mata pencaharian bagi warga sekitar.

Menurut pemaparan bapak Rt/Rw di desa panguragan kulon dan masyarakat setempat terutama para ibu rumah tangga , kira kira pada awal tahun 2017 ketika itu setiap pagi hari di bahu jalan di sepanjang jalan panguragan ada beberapa penjual menggelar daganganya yang menjual kebutuhan rumah tangga seperti sayuran, lauk pauk dan kebutuhan lainya.

Hari berganti hari secara tidak sengaja pembeli makin ramai memadati dan mengerumuni para penjual , begitu pula para pedagang pun makin bertambah. Hingga pada suatu hari entah siapa , ada kabar kabur bahwa berjualan di bahu jalan dilarang dan salah satu pilihan berjualan di alun alun kecamatan panguragan, tepatnya di halaman masjid Baiturohmah.

Sesuai dengan kondisi setempat bahwa halaman masjid Baiturohmah berupa tanah hamparan yang belum menyediakan los dan kios, maka para pedagang hanya bermodalkan terpal atau karung untuk menggelar dagangan. Adapula yang sedikit menambah modal dengan menggunakan motor roda tiga bisa disebut juga odong odong( bahasa panguragan).

Sejak saat itu para pembeli terutama ibu ibu mulai mendatangi tempat berjualan ,dan proses jual beli itu antara pembeli dilakukan tidak berdiri yaitu dengan cara duduk tidak dengan kursi , duduk nongkrong dengan kedua kakinya bisa disebut juga JONGKENG. Namanya juga ibu ibu, ada yang bertanya diman beli parutan kelapa lalu ia menyebut di PASAR depan Masjid tuh yang pembelinya pada JONGKENG, oh PASAR JONGKENG.

Dari mulut ke mulut ibu ibu begitu cepat dan anehnya tanpa ada rapat nama PASAR JONGKENG pun telah sepakat hingga sekarang . Meskipun sudah banya berpindah pindah tempat karena situasi dan kondisi. Kemudian singkat cerita ( karena jari ini sudah keriting ) kira kira di awal tahun 2020 telah di buat dan di resmikan pasar desa yang bertempat di RT 06 blok karanganyar Desa Panguragan Kulon Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. Namun lebih familiar bagi masyarakat tersebut untuk menyebut dengan PASAR JONGKENG.

Demikina paparan tentang PASAR JONGKENG versi penulis , dan mohon maaf apabila ada pihak yang tidak setuju karena ini menurut dengan pemahaman dan sumber yang ada.