PSBB Transisi DKI Jakarta dan Bodebek Diperpanjang 14 Hari

Foto: ilustrasi dirumah saja (pixabay.com/enriquelopezgarre)

Rancah.com – Hari ini adalah hari terakhir Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi untuk wilayah DKI Jakarta dan Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek). PSBB Transisi tersebut sudah dilakukan selama dua kali 14 hari. Kini keputusan pemerintah setempat adalah meneruskan PSBB Transisi dengan beberapa pertimbangan.

PSBB Transisi akan diteruskan selama 14 hari. Dikutip dari megapolitann.kompas (2/7/2020), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang PSBB Transisi selama 14 hari ke depan. Artinya PSBB Transisi akan berlanjut mulai tanggal 3 Juli 2020 hingga 16 Juli 2020. 

“Kesimpulan dalam rapat Gugus Tugas tadi disimpulkan bahwa PSBB transisi, yang itu artinya semua kegiatan berlangsung masih 50 persen, itu akan diteruskan selama 14 hari ke depan,” ujar Anies dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Pemprov DKI, Rabu (1/7/2020).

Berbagai pertimbangan utama masih tingginya kasus positif Covid-19 di wilayah DKI Jakarta. Dari persebaran tersebut Pemprov DKI Jakarta memetakan titik persebaran Covid-19 ada dua yaitu pasar dan transportasi.

Selain itu keputusan perpanjangan PSBB Transisi juga berdasar tiga unsur yaitu epidemiologi, kesehatan masyarakat dan fasilitas publik. Dimana dari tiga unsur tersebut didapatkan skot 71 artinya syarat pelonggaran telah terpenuhi. “Kami akan evaluasi lagi setelah dapat perkembangan terbaru,” kata Anies Baswedan (2/7/2020).

Selain DKI Jakarta, Bodebek juga melanjutkan PSBB Transisi. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bahwa PSBB proporsional dilanjutkan hingga dua pekan ke depan. Keputusan ini mengacu pada hasil dari kajian epidemologi bahwa angka reproduksi Covid-19 di wilayah Depok masih cukup tinggi. Sedangkan untuk wilayah Bogor dan Bekasi angka reproduksi Covid-19 sudah di bawah satu.

“Kesimpulannya PSBB Proporsional Bodebek diperpanjang 14 hari, dari catatan epidomelogi kita, kabupaten dan Kota Bogor, Depok, Bekasi masih zona kuning,” kata Ridwan Kamil, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (1/7/2020).

Sehingga berdasarkan hal tersebut Bodebek akan melanjutkan PSBB mulai tanggal 3 Juli 2020 hingga 16 Juli 2020.