Ikan Mas Besar Seberat 15 Kg Dari Danau Toba Di Dapat Pemancing, Pro-Kontra Terjadi Hingga Kepala BKSDA Sumut Angkat Bicara

 

ikan mas besar, ikan mas danau toba, ikan mas mitos
Para pemancing mengangkat keluar Ikan mas seberat 15Kg

Rancah.com –  Seekor Ikan Mas yang terbilang sangat besar dengan perkiraan berat mencapai 15 Kilogram, berhasil dinaikkan oleh seorang pemancing di Tepian Danau Toba. Dalam sebuah video yang beredar dan viral di sosial media, pemancing tersebut cukup kewalahan untuk bisa menarik ikan mas sebesar 15 kg itu dari tengah perairan danau toba, hingga harus digopong oleh 2 orang untuk mengangkatnya ke tepi pantai Danau toba.

Jika berbicara memancing, maka dapatnya ikan mas sebesar 15 Kg itu adalah sebuah keberuntungan dan rasa teramat senang bagi seorang Pemancing. Namun, ternyata setelah  foto dan videonya diupload di sosmed hingga beredar dan viral, dapatnya ikan mas besar tersebut menjadi Pro Kontra.

Sipemancing membawa pulang ikan tersebut, dan disebutkan sudah dimasak seperti ikan biasanya.

Banyak  pro-kontra akan hasil pancingan tersebut, sebagian orang menyesalkan bahwa ikan itu seharusnya tidak usah dibawa pulang dan dimasak, namun sebaiknya dilepaskan lagi ke Danau Toba agar berkembang biak. Karena jika dilihat dari bentuk perutnya yang cukup besar, diperkirakan ikan mas sebesar 15 Kg itu sedang hamil alias akan bertelur. Dan kemungkinan itulah yang membuat ikan tersebut datang keperairan agak dangkal hingga akhirnya memakan umpan sipemancing tersebut.

Sementara itu, ada juga beberapa orang yang mengaitkan hal tersebut dengan mitos, ada cukup banyak orang mengatakan bahwa ikan mas tersebut, menjadi tanda akan terjadinya bencana alam atau sesuatu kejadian yang akan merugikan banyak orang. Terlebih, setelah satu hari ikan itu dipancing dan dibawa pulang, Gunung Sinabung di tanah Karo, Erupsi.

Sementara dilain sisi, banyak juga para netizen yang mengatakan bahwa tidak ada kaitannya dengan hal-hal lain yang berbau mitos seperti kata banyak netizen, beberapa mengatakan itu adalah nasipnya dan itu adalah kebanggaan dan ikan itu pantas dibawa pulang dan dimakan.

Diketahui dari video yang viral tersebut kejadian itu ada di pemancingan alam Danau Toba di Silalahi, Dairi, Sumut, Jumat (7/8). Ikan mas jumbo itu disebut berbobot 15 Kg dan butuh 1 jam untuk menariknya ke atas air.

Menanggapi kontroversial tersebut, hingga Kepala BKSDA Sumut, Hotmauli Sianturi, pun harus angkat bicara. Ia mengatakan bahwa tidak ada yang salah dengan pancingan tersebut, Ikan mas bukanlah hewan yang dilindungi, dan hasil pancingan tersebut adalah sah-sah saja.

“Ikan mas tidak termasuk hewan yang dilindungi,” ucapnya.

Namun, ia juga menambahkan bahwa meskipun tidak dilindungi dan setiap warga bisa saja menangkap atau memancing ikan mas, Hotmauli Sianturi juga tetap menyarankan bahwa sepatutnya Ikan Mas sebesar itu tidak usah di tangkap dan dimakan, dan lebih baik dilepaskan saja.

Ikan mas sebesar itu menurutnya sudah lebih baik menjadi indukan saja. Dengan bobot dan ukuran sebesar itu, ikan itu tentunya bisa menghasilkan banyak sekali telur dan kelestarian ikan mas di danau toba pun bisa tetap seimbang.

“Hanya saja kalau ada ikan mas sebesar itu sebaiknya jangan ditangkapi, karena itu bisa menjadi indukan di alam sebagai sumber pemijahan anak-anak ikan,” tuturnya.