Apa Yang Kau Inginkan ?

Rancah.com – Apa yang kau inginkan? Tak semua orang tahu apa yang sebenarnya ia ingini dalam hidupnya, hal apa yang akan menjadi tujuan hidupnya, cinta seperti apa yang ia ingini dalam hidupnya, serta tak semua orang mengerti dimana letak kebahagiaan yang sesungguhnya.

Apakah dengan menggapai semua yang diingini mampu menjadikan kita bahagia dalam mengarungi kehidupan ini? Apakah dengan memiliki karier yang cemerlang, harta yang berlimpah, atau keturunan yang banyak? Tak ada barometer yang pasti tentang titik bagaimana yang disebut dengan bahagia. Hal-hal yang disebutkan diatas tadi bukanlah titik atau puncak dari kebahagiaan itu, hal-hal tersebut hanya sebuah pelengkap dalam rasa yang dinamakan kebahagiaan.

Tolak ukur paling pasti tentang kebahagiaan adalah coba tanyakan pada diri kita sendiri. Sudah bahagiakah kita? sebab hanya kitalah yang tahu secara pasti seberapa bahagia kita dalam menjalani hidup ini. Parameter sesungguhnya bukanlah materi, bukan pula kuantitas-kuantitas yang kita capai, namun lebih kepada seberapa baik kualitas yang mampu dihasilkan dalam kehidupan.

Dikalangan dunia filsuf ada ungkapan yang menyebutkan bahwa kebahagiaan yang sesungguhnya itu telah ada didalam diri kita sendiri, tak perlu lagi dicari. Kebahagiaan itu hanya perlu kita tumbuhkan didalam diri, kebahagiaan yang dapat hadir melalui rasa syukur dan sabar.

Kebahagiaan adalah rasa tentram dan damai didalam menjalankan aktivitas sehari-hari, kebahagiaan adalah disaat kita mampu untuk memaafkan kesalahan orang lain, kebahagiaan adalah ketika kita mampu untuk mensyukuri setiap detik kehidupan. Itulah esensi kebahagiaan,kebahagiaan yang sesungguhnya. Kebahagiaan yang hanya dapat dicapai dengan jalan membersihkan diri dari berbagai kepentingan-kepentingan duniawi, hawa nafsu, dan egosentris.

Puncak dari kebahagiaan yang sebenarnya bukanlah bertumpu pada materi semata, materi hanya alat penunjang kebahagiaan. Namun, bukan merupakan inti dari kebahagiaan itu sendiri.Setiap orang punya caranya sendiri dalam mencapai kebahagiaan yang diingini,karena itulah tujuan akhir dari setiap manusia. Walau dengan cara dan ragam bentuknya, pada akhirnya kebahagiaanlah yang menjadi garis finish dari semua upaya-upaya yang kita lakukan didalam hidup ini.

Berikan lukisan terbaik yang mampu kau hasilkan dalam hidup ini. Gambarlah apapun yang kau ingini dengan kuasmu. Sebab nanti saat kau telah tiada, namamu akan tetap hidup, karya akan tetap di kenang, melalui lukisan-lukisan yang telah kau goreskan dengan kuasmu. Lukisan yang kau ukir dengan ketulusan, lukisan yangkau gariskan dengan kebaikan, dan lukisan yang akan dikenang seumur hidup oleh seluruh orang yang mencintaimu.