Ciri-Ciri Kepribadian Introvert

Rancah.com – Introvert sering disamakan dengan pemalu, padahal itu hanyalah miskonsepsi. Bahkan orang introvert sering dikira tidak punya public speaking yang baik tapi sebenarnya empati, public speaking, komunikasi asertif dan sebagainya bisa dikembangkan. Bukan berarti orang introvert selalu nervous saat di depan umum, malah banyak orang introvert yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Bukan berarti juga orang ekstrovert merupakan orang yang percaya diri, bisa jadi orang ekstrovert adalah orang yang pemalu di depan umum. Maka dari itu perlu kita ketahui apa itu arti introvert. Introvert adalah kecenderungan sosok orang untuk mencari sumber energi dari dalam diri merek. Jenis introvert beda-beda ada yang butuh waktu sedikit untuk charging ada juga yang butuh waktu lama. Sebelum kita bahas ciri-ciri introvert, ada empat tipe introvert. Apa kamu salah satunya?

  1. Introvert Social

Tipe introvert social lebih suka bersosialisasi pada kelompok yang lebih kecil atau biasa disebut iner-circle, biasanya lebih suka melakukan kegiatan dengan orang yang membuat mereka nyaman seperti sahabat atau teman dekat.

  1. Introvert Thinking

Orang introvert thinking lebih suka berpikir sebelum bertindak, bahkan berpikir puluhan kali sebelum menyampaikan sesuatu.

  1. Introvert Anxious

Tipe ini lebih suka menyendiri karena merasa tidak nyaman dengan keramaian dan merasa tidak percaya diri jika dihadapkan pada situasi keramaian.

  1. Introvert Retrained

Tipe ini merupakan tipikal introvert yang membutuhkan waktu untuk bertindak dalam segala hal dan juga sangat berhati – hati sebelum melakukan sesuatu atau berbicara.

Itu tadi tipe-tipe introvert, sekarang mari kita bahas ciri-ciri introvert. Jika kamu memiliki ciri-ciri seperti ini, bisa jadi kamu adalah orang yang introvert.

  1. Sangat menikmati me time

Dengan me time, orang introvert akan changing energinya dan juga merenung sambil berpikir. Mereka akan memikirkan hal-hal kecil hingga besar yang ada di dalam otaknya.

  1. Tidak suka pembicaraan ringan

Bagi orang introvert basa-basi sungguh membuang waktu, mereka lebih suka to the point. Tapi orang introvert adalah pendengar yang baik.

  1. Lebih sering menulis daripada berbicara

Orang introvert lebih bisa menunjukkan idenya melalui tulisan atau gambar dari pada berbicara. Bahkan saat menyelesaikan masalah kebanyakan mereka lebih suka lewat chat.

  1. Tidak suka keramaian

Keramaian cukup menguras energi bagi orang introvert, mereka akan lebih cepat lelah saat di tempat ramai dan bersosialisasi.

  1. Bukan anti sosial tapi selektif

Orang introvert sangat selektif dalam memilih teman, mereka menyukai ritme pertemanan yang pelan, bahkan hanya membuka diri untuk orang tertentu. Bagi mereka lingkaran pertemanan yang kecil saja sudah cukup.

  1. Hang out dengan sedikit orang

Orang introvert bisa dibilang sangat jarang menghadiri keramaian, untuk hang out pun mereka lebih suka bersama dengan orang yang sudah mereka anggap nyaman.

  1. Suka mengamati lingkungan sekitar

Ini merupakan salah satu kelebihan orang introvert, orang introvert merupakan orang yang cermat, detail, pemikir yang dalam. Saat memperhatikan sesuatu mereka akan menyelami, memikirkan jawaban di sekitar, bahkan memikirkan pikiran orang lain. Kemampuan inilah yang jarang dimiliki orang extrovert karena orang introvert melihat detail yang jarang disadari orang lain.

  1. Pendengar yang baik

Saat mendengar orang lain berbicara, mereka tidak akan langsung memberi respon tetapi mereka akan memahami apa yang orang lain katakan dan memberikan respon atau pendapat saat diminta

  1. Berpikir sebelum berbicara

Mereka sangat berhati-hati saat berbicara. Orang introvert akan berpikir sebelum berbicara dan menghindari berbicara yang sia-sia, mereka akan mencoba berargumen yang berbobot dan bermutu.

  1. Sahabat yang sangat loyal

Mereka setia pada sahabat karena selektif dan tidak bergaul dengan terlalu banyak orang. Orang introvert akan setia ketika menemukan seseorang yang sangat tepat untuk dijadikan sahabat.

  1. Sering merasa kesepian di tengah keramaian

Orang introvert tidak suka menjadi pusat perhatian apalagi di tengah keramaian. Mereka cenderung jadi pendiam pada keadaan tertentu.

  1. Memiliki kesadaran diri yang tinggi

Orang introvert memiliki dunianya sendiri karena pada dasarnya dia asik dengan kesendirian. Mereka memilih melakukan pekerjaannya sendiri karena ingin bekerja dengan lebih cepat. Orang introvert juga memiliki imajinasi yang luas.

Untuk kalian yang merasa introvert adalah kekurangan maka kalian salah. Bukan berarti orang introvert adalah orang yang pemalu dan anti sosial. Mereka justru memiliki banyak kelebihan karena mereka selektif dan cermat. Banyak orang sukses yang merupakan orang yang introvert, Raditya Dika misalnya. Maka dari itu jangan patah semangat dan terus berkarya yaa!