Masalah Harus Dihadapi, Bukan Dihindari

Siapa yang di dalam hidup ini tidak memiliki masalah? tentunya tidak ada.

Rancah.com – Selama kita masih bernafas, selama kita masih hidup di dunia yang fana ini, pasti kita akan selalu menemukan masalah-masalah dalam hidup kita. Setiap manusia memiliki masalahnya masing-masing yang pastinya berbeda-beda.

Terkadang kita merasa masalah kita adalah yang paling berat, namun jika kita perhatikan lagi ke sekeliling kita, ternyata ada begitu banyak manusia yang memiliki masalah yang jauh lebih berat dibandingkan kita.

Disaat kita harus bekerja siang dan malam demi mencukupi kebutuhan keluarga, namun ternyata diluar sana ada yang justru tidak memiliki keluarga. Disaat kita meratap karena tidak bisa makan apapun hari ini, namun ternyata diluar sana ada yang bahkan sudah tidak bisa makan selama berhari-hari. Dan disaat kita merasa hina dengan rumah yang kecil dan kumuh, namun ternyata diluar sana ada begitu banyak orang yang bahkan tidak memiliki rumah sama sekali.

Ketahuilah bahwa masalah yang menimpamu tidak akan melebihi batas kemampuanmu untuk menghadapi masalah tersebut. Allah menimpakan masalah kepadamu, karena Allah tahu bahwa kamu mampu. Dan akan selalu ada hikmah yang di dapatkan jika kamu menghadapi semua masalah yang menimpamu dengan sabar dan ikhlas.

Namun seringkali kita merasa masalah kita adalah yang paling berat dan merasa tidak sanggup menghadapinya lalu memilih menghindari dan lari darinya. Berharap masalah tersebut akan hilang begitu saja tanpa kita hadapi. Namun kenyataannya, semakin kita berlari dari masalah maka masalah tersebut justru akan semakin mengejar kita, bahkan menjadi bertambah besar.

Terkadang segala hal yang menakutkan hanya ada dalam kekhawatiran kita saja, padahal ketika dihadapi belum tentu seperti yang kita khawatirkan. Dan disaat kita memberanikan diri untuk mencoba melawan semua ketakutan yang ada, barulah kita menyadari bahwa ternyata selama ini ketakutan kita lebih besar dari masalah yang kita hadapi. Dan ternyata bukan masalah kita yang terlalu besar, namun ketakutan kitalah yang membuat masalah tersebut terlihat besar.

Percayalah, semakin sulit yang kau hadapi, maka semakin besar yang akan kau dapatkan. Setiap ada masalah, pasti ada solusi. Setiap ada kesulitan, pasti ada jalan.

Pejamkan matamu, tarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan. Mulai sekarang lawanlah segala ketakutanmu dan cobalah menghadapi segala masalahmu. Percayalah bahwa dirimu kuat dan mampu. Yakinlah bahwa kamu tidak sendirian, karena Allah Yang Maha Penyayang pasti akan selalu membantu hamba-Nya yang mau berusaha dan berdo’a kepada-Nya.

Lalu lihatlah betapa indahnya hikmah dibalik masalahmu.

Semangat!