Gebrakan Baru Nadiem Makarim Bersama Netflix

Rancah.com – Siapa tak kenal Netflix? Penyedia layanan nonton streaming yang masih terbilang baru ini, telah sukses membumbung tinggi di seluruh negara, tak terkecuali Indonesia. Tak heran, Netflix membuat Nadiem Makarim selaku Mentri Pendidikan dan Kebudayaan jatuh cinta dan dengan keukeuh gandeng Netflix untuk mendukung perfilman Indonesia dengan nilai investasi mencapai 1 juta dollar Amerika atau setara dengan 14 miliar rupiah.

Nadiem mencanangkan akan diadakan pelatihan untuk 15 scripwriter Indonesia yang nantinya dikirim ke Hollywood guna menggarap film-film original terbaik juga workshop penulisan naskah untuk kepentingan pertelevisian dan film di Indonesia.

Kebijakan Nadiem terbilang berani mengambil langkah ini mengingat kini Netflix berada dalam kisruh pajak dan pemblokiran oleh instansi telekomunikasi pelat merah serta tentangan dari pengamat usaha dan menteri lainnya.

Tapi saya sepenuhnya setuju akan kebijakan Nadiem. Menurut saya, hal ini sangat berdampak positif pada industri perfilman dan pertelevisian di tengah menurunnya minat generasi muda akan tontonan dalam negeri. Kisah yang cenderung monoton, tak masuk di akal, alay dan terkesan norak menjadi alasannya.

Saya berharap, bersama Netflix, sineas-sineas muda Indonesia dapat semakin mengeksplor sejarah, wisata, seni, alam, kultur dan biodiversitas yang dimiliki Indonesia ke panggung dunia dengan pendekatan yang ringan namun menarik. Belajar dari kesuksesan film The Night Comes For Us yang dibintangi Joe Taslim, bukan hal yang tidak mungkin jika suatu saat Indonesia layak diperhitungkan dalam dunia hiburan mancanegara dan akan mendapatkan banyak devisa bagi negara dari sektor entertainment, kan? Satu hal yang harus dipenuhi, yakni keterbukaan pikiran kita akan perubahan zaman dan pembaharuan sistem harus dilaksanakan demi kemajuan bangsa kedepannya.




Loading...

close