Perhatikan Teman Anda

Rancah.com – Manusia adalah makhluk sosial, satu sama lain saling membutuhkan. Manusia tidak bisa hidup dan berdiri sendiri. Dari mulai dikandung oleh ibu sampai meninggal kita tidak bisa melakukanya sendiri. Di dunia ini banyak manusia yang beragam suku, agama, ras, budaya, daerah,  maupun karakter.

Salah satu yang dibutuhkan manusia adalah teman. Tidak ada manusia yang tidak memiliki teman baik itu teman hidup, teman main atau teman tongkrongan. Dan semuanya memiliki perbedaan masing-masing termasuk dalam hal karakter. Setuju ?

Kita pasti ingin mempunyai teman yang bisa membawa pengaruh positive dalam kehidupan kita. Seperti kata pepatah “berteman dengan tukang minyak wangi, maka akan terkena wanginya. Berteman dengan tukang penggembala domba, maka akan terkena bau domba pula”. Oleh karena itu kita bisa memperhatikan teman-teman disekeliling kita.

Simak baik-baik ! ada 3 macam teman. Yang pertama adalah teman bersenang-senang. Seperti apa teman bersenang-senang ? yaitu teman yang hanya ada disaat kita sedang bahagia saja atau bisa dibilang teman berhura-hura & sedikit banyaknya ini akan berpengaruh buruk terhadap kehidupan kita. Yang kedua ada teman bermain yaitu teman yang hanya menemani kita tanpa memberi pengaruh apapun untuk kehidupan kita. Dan yang terakhir adalah teman keutamaan. Teman seperti ini yang sangat kita butuhkan. Yaitu teman yang selalu menemani kita baik susah maupun senang, teman yang senantiasa mengajak dan mengingatkan dalam kebaikan. Teman yang ketika kita ada didekatnya bisa mendekatkan pula pada sang pencipta, teman yang  akan menjadi penyelamat diakhirat kelak ketika amal ibadah kita tidak cukup untuk membawa kita ke syurgaNya. Sulit memang mencari teman keutamaan seperti yang sudah dijelaskan tetapi cobalah mulai dari kita untuk senantiasa menjadi teman keutamaan untuk orang lain. Semoga bisa yaa