Pola Berfikir Kritis Jiwa Seorang Mahsiswa yang Semakin Memudar

Ilustrasi Mahasiswa

Berpikir dalam KKBI adalah suatu kegiatan yang menggunakan akal budi untuk mempertimbangkan dan memutuskan sesuatu. Dan kegiatan berfikir ini tentunya dilakukan oleh seluruh manusia sehari-hari. Dalam hal ini saya akan membahas tentang cara berfikir mahasiswa yaitu cara berfikir kritis yang merupakan salah satu ciri khas seorang akademisi khususnya mahasiswa. Dalam dunia akademik, berpikir kritis merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi. Apasih sebenarnya berpikir kritis itu?.

Berpikir kritis adalah suatu pola berpikir yang tajam dan menganalisa. Dalam hal ini berarti bahwa seorang mahasiswa haruslah memiliki pola pikir yang kritis sehingga dia dapat menganalisa suatu permasalahan dengan jeli dan cermat.


Saat seorang mahasiswa berpikir kritis tentunya akan menimbulkan dampak yang positif baginya. Sebagaimana dia akan lebih bisa menemukan suatu permasalahan dan dapat menangani permasalahan itu dengan mudah pula. Berpikir kritis tidak hanya sekedar akan membawa seseorang mencari dasar dari sebuah sesuatu. Tapi lebih dari itu berpikir kritis akan juga merangsang seseorang untuk berinovasi dalam segala hal. Selain dari kelebihan berpikir kritis yang telah saya sebutkan tersebut, masih banyak lagi manfaat yang bisa diambil darinya.

Dengan kelebihan-kelebihan berpikir kritis tersebut ternyata masih banyak orang atau mahasiswa yang bisa dikatakan kurang mengasah kemampuan dalam berpikir kritis. Dan hal inipun sangat disayangkan. Sebab hal pokok yang harusnya menjadi alat atau senjata seorang mahasiswa jarang digunakan dan tidak diasah. Mahasiswa sekarang lebih cenderung pasif mengikuti alur dalam zona nyaman dan enggan untuk bangun untuk menggunakan “senjatanya”.

Maka dari itu marilah kita sebagai mahasiswa sadar betapa pentingnya berpikir kritis itu. Kita sebagai mahasiswa haruslah mempertahankan apa yang menjadi ciri khas kita. Jangan biarkan kita terbawa ombak yang menghanyutkan tanpa kita sadari itu.



    KOMENTAR