Pro Kontra Transgender di Indonesia yang Perlu Dikaji Lebih Dalam

Rancah.com – Masih dalam ingatan kita beberapa hari yang lalu kita dikejutkan dengan berita ditangkapnya artis Lucinta Luna yang kedapatan mengkonsumsi narkoba jenis psikotropika. Wanita yang satu ini memang sungguh kontroversial, itu dikarenakan ia memiliki jenis kelamin ganda atau dengan kata lain mengubah jenis kelamin dari laki-laki ke perempuan atau bisa disebut transgender.

Di Indonesia tentunya banyak pihak yang tidak menyukai hal yang berbau transgender, itu karena sifat dari berubahnya laki-laki ke perempuan ataupun sebaliknya tidak bisa dirubah begitu saja, dikarenakan itu sudah merupakan kodrat yang telah ditakdirkan oleh Tuhan. Ada pihak yang setuju tetapi ada juga pihak yang menentang hal ini. Kehidupannya tentunya pasti lebih memiliki tekanan mental yang tinggi. Sehingga para transgender lebih tertutup dengan kepribadian aslinya. Tidak hanya itu dalam mengurus adminstrasi seperti KTP, KK dan Pasport pastinya akan mengalami kesulitan dalam mengubah status jenis kelaminnya, sehingga hal ini perlu diperhatikan dengan sangat baik. Bahkan mereka yang berpindah kelamin dari wanita ke pria harus melalui pemeriksaan medis yang tentunya sungguh menyakitkan dan juga memalukan


Belum lagi lingkungan sosial sekitar kita yang memiliki andil cukup besar dalam menerima atau menolak transgender tersebut. Terutama di Indonesia yang basis agama muslim cukup besar, yang mungkin tidak bisa menerima sebagian para transgender ini. Sehingga mereka kerap dihina dan bahkan bisa saja mengalami penyiksaan yang tidak wajar.

Walupun mereka telah berkata jujur dan terbuka kepada masyarakat, mereka pasti tidak akan percaya, itu karena sifat transgender yang telah di ubah dengan berbagai cara yang tidak masuk akal. Apalagi bila dibawa ke ranah hukum pasti akan lebih rumit lagi masalahnya nanti. Tak lepas dari kasus Lucinta Luna tersebut, patut seharusnya kita berpikir lebih jernih dan cermat terhadap dampak yang ditimbulkan bila seseorang melakukan transgender. Sehingga kodrat yang kita terima entah itu sebagai perempuan ataupun sebagai laki-laki sebaiknya kita terima dengan lapang dada dan ikhlas dalam menjalaninya.

#OPINI



    KOMENTAR