Kuliah Sambil Kerja ? Mending Pikir-Pikir Dulu deh !

Rancah.com – Bagi banyak orang, bisa melanjutkan kuliah adalah salah hope dalam hidup, karena kuliah bisa menjadi gerbang untuk menghantarkan impian kita. Ada kebanggaan tersendiri ketika kita berstatus mahasiswa, maha nya dari semua tingkat sekolah yang berstatuskan siswa.

Untuk di negeri kita sendiri yaitu indonesia, kuliah bisa menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan derazat hidup seseorang baik dalam hal ekonomi maupun gaya hidup.

Banyak orang pula yang berharap ketika ia melanjutkan pendidikan dibangku kuliah dan mendapat gelar yang sesuai maka ia akan mudah mendapatkan pekerjaan dan tentunya mendapat pekerjaan yang diinginkan.

Namun apalah daya keluarga tidak mampu membiayai kita kuliah ? mengubur keinginan untuk kuliah ? atau kuliah sambil kerja ?

Jika kamu memilih kuliah sambil kerja maka ini yang harus dipertimbangkan. Pertama niat awal, tanyakan pada hati kamu sendiri untuk apa sih kamu kuliah ? jika karna gengsi melihat teman-temanmu pada kuliah mending enggak usah. Perlu kamu ketahui, menjadi seorang mahasiswa tidak seindah yang kamu bayangkan. Tuntutan demi tuntutan perbaikan mulai dari sikap, prilaku bermasyarakat. Coba deh bayangin ketika kamu melakukan kesalahan terus orang-orang berkata “sekolah tinggi-tinggi kok kelakuanya kaya gitu” beban banget kan ? padahal mahasiswa juga manusia. Tapi setidaknya menjadi mahahsiswa bisa membentengi diri kita dalam berprilaku. Apalagi jika sambil kerja, susah membagi waktu antara mengerjakan tugas, waktu kerja, waktu istirahat dan waktu kuliah.

Yang kedua, setiap tindakan pasti ada resiko yang harus diterima, kamu yang memilih kuliah sambil kerja juga harus mempertimbangkan bagaimana jika nanti ditengah jalan kamu berhenti kerja dan akan susah mendapatkan pekerjaan, atau mungkin kamu dipindah tugaskan kerjanya. Kemungkinan-kemungkinan buruk pasti bisa terjadi. Tapi balik lagi ke niat awal, jika niat awalnya kuat dan benar, allah pasti mempermudah jalanmu. Tetap semangat.