Yakin Apa Kuliah Masih Penting ?

Gambar Freie University Berlin

Netizentalk.id – Dari penulis menulis opini ini, terhitung H-16 hari UTBK. Ada beberapa perubahan antara UTBK tahun lalu dengan UTBK tahun ini. Kalau tahun lalu peserta tes dahulu yang materinya berupa TPS dan pelajaran – pelajaran IPA untuk yang mengambil saintek, pelajaran – pelajaran IPS untuk yang mengambil soshum, tetapi di tahun ini hanya TPS yang diujikan. Setelah itu hasilnya akan keluar – yang berupa skor UTBK – seminggu setelah tes tersebut dilaksanakan, kemudian peserta mengikuti SBMPTN dan daftar di prodi atau pun universitas yang mereka inginkan. Tetapi di tahun ini SBMPTN digabung sama UTBK. Kalau lebih sederhananya adalah seperti  SBMPTN tahun 2018 dan yang tahun – tahun sebeumnya hanya saja kali ini berbasis komputer dan materinya berupa TPS aja.

Gak sedikit juga teman – teman pejuang kampus 2020 mengeluh karena merasa sia – sia belajar sekeras mungkin, membeli buku tebal bin mahal, tetapi yang diujikan hanya TPS saja. Tidak ada kata menyesal dalam belajar karena sejatinya manusia hidup akan terus belajar, belajar, dan terus belajar.  Semua hal yang kalian lakukan adalah proses pembelajaran bagi diri kalian yang bisa menjadi versi terbaru dan lebih baik kalian dari yang sebelumnya.

Dan gak sedikit juga dari kalian yang ambis banget untuk berkuliah, apalagi di PTN. Ada juga yang ambis kuliah tetapi di PTS. Terserah kalian mau menambah ilmu dimana karena tidak ada batasan untuk seorang yang menambah  ilmu. Tapi perlu diketahui bahwa ambisi – ambisi yang terbentuk dalam diri kalian adalah sebuah ego. Ketika seseorang memiliki ambisi dalam porsi yang besar, besar kemungkinan mereka melupakan fakta dan logika tentang kelebihan dan kekurangan dalam dirinya. Mereka lupa apa tujuan berkuliah, lupa bahwa tidak ada yang mewajibkan kuliah, lupa bahwa banyak sekali orang kaya atau konglomerat yang tidak kuliah.

Tidak ada yang mewajibkan seseorang untuk berkuliah, itu semua hanyalah budaya lama yang timbul dari stereotip masyarakat jika seseorang memiliki gelar maka akan mendapat nilai plus dan berlabel pintar.   Hal yang bersifat wajib di dunia pendidikan adalah sekolah dua belas tahun, bukankah hukum ini sudah diatur oleh pemerintah?. Karena stereotip tersebut akhirnya muncul ambisi tanpa tujuan yang jelas. Coba sekarang tanya ke dirimu sendiri, sebenarnya tujuan kalian berkuliah itu untuk apa?

Ketika kalian tahu apa tujuan kalian, maka kalian akan bisa menjawab pertanyaan : “Kuliah itu penting atau nggak,sih? “

Kuliah itu penting, tapi bisa jadi nggak penting. Itu tergantung dari tujuan kalian itu apa. Misal, jika kalian ingin jadi dokter, maka wajib kuliah dan penting banget. Tetapi jika kalian ingin jadi chef, maka kalian ga perlu kuliah, tapi kalian bisa daftar sekolah masak. Jadi penting atau nggak nya itu dapat dinilai dari tujuan kalian. Sehingga, diperlukan waktu untuk mengenali diri kalian agar tahu tujuan yang sebenarnya itu apa.

Semangat untuk semua pejuang kampus 2020. Apapun hasilnya, kalian sudah melakukan yang terbaik. Tidak ada usaha yang sia – sia dan tidak ada waktu yang terbuang sia – sia. Dan juga semangat untuk apapun itu, terutama dalam mengenali diri kalian sendiri. Karena dengan begitu kalian bisa bahagia.