The Next Normal, Pembenahan Sistem Perusahaan Untuk Menantang Tantangan

 

Ilustrasi new normal

rancah.com – Pemerintah Republik Indonesia memperkenalkan istilah “new normal” sebagai langkah dalam menjawab tantangan perekonomian yang disebabkan Pandemi Korona. “new normal” akan mengatur aktivitas warga dan perusahaan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun bagi perusahaan, kami lebih menyukai dengan istilah “next normal” kenapa? karena “next normal” yang akan menjadi dasar perusahaan dalam membuat strategi dengan tantangan baru, dengan ancaman baru. “Next Normal” harus memiliki strategi yang jitu,nyata dengan membenahi sistem perusahaan yang ada dengan bertransformasi menjadi Pembenahanan Sistem Berskala Besar.

Dalam Pembenahan Sistem Berskala Besar untuk mencapai “Next Normal” perusahaan harus memperhatikan tiga pilar penting, yaitu Strong Foundation, Strategy Business Model dan Company Vision. Masing-masing pilar tersebut diperkuat strategi-strategi didalamnya, yaitu :

1.Strong Foundation

Perusahaan yang kuat harus memiliki pondasi yang kuat dalam menjalankan bisnisnya. Dasar pondasi tersebut adalah filosofi perusahaan. Maka dalam strong foundation didalamnya terdapat philosophy company. Filosofi perusahaan didasarkan pada kekuatan produk, tujuan utama perusahaan, seperti dalam artikel saya sebelumnya dalam strategi B.O.L.D dalam tema “Menanggapi Bisnis yang Tidak Menentu”¬†dalam starteginya, lupakan ceruk pasar, perkuat pada kekuatan produk. Dasar inilah yang menjadi tujuan kita pada akhir strateg ini adalah long-term vision company.

2. Strategy Business Model

Startegi bisnis dalam pembenahan sistem, harus memiliki interpedensi yang terfokus pada company philosophy, yaitu product strenght, maka strategy businenss model meliputi :

  • Winning Concept

Dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat, terutama pandemi korona yang mengancam kelangsungan bisnis perusahaan yang menguji kekokohan strategi bisnisnya. Dalam menyingkapi hal ini diperlukan konsep yang jitu, yaitu konsep produk dan layanan yang seiring dengan perkembangannya. Bagaimana konsep ini bisa menjadi winning concept? lakukanlah dengan PDCA :Plan, Do, Check, Action. Lakukan dengan berualang kali berdasarkan studi dan analisa yang tepat.

Cycle PDCA

  • Winning System

Pembenahan sistem ini terfokus pada pengiriman nilai produk dan layanan. Lakukanlah dengan berbagai inovasi berdasarkan konsep yang telah Anda buat. Pembenahan sistem dengan inovasi dapat Anda lakukan dengan dimulai dengan Define, Measure, Analyze, Improve, Control.  Lakukanlah dengan tim Anda dalam melakukan hal ini.

Cyrcle DMAIC

  • Winning Team

Pemerintah Republik Indonesia menerapkan protokol kesehatan untuk menanggulangi penyebaran pandemi korona, yaitu dengan menerapkan 50% pekerja di perusahaan dan shift kerja. Untuk menyingkapi hal ini, diperlukan pekerja yang multitalenta dan dapat multitasking yang dapat melakukan pekerjaan lebih dari satu tugas, namun masih dalam ruang lingkup pekerjaanya. Dengan adanya tim yang multitalenta dan multitasking dapat membentuk pemimpin selanjutnya yang efektif dan dapat memberikan keputusan yang strategis.

Team Building

3. Company Vision

Selanjutnya tetapkan target 3-5 tahun, gunakan corporate scenario strategy (CSS) dalam menyusun goal ini. Dengan target goal 3-5 tahun dalam perjalanan akan terdapat evaluasi-evaluasi sebagai perbaikan perusahaan baik dari pemasaran, SDM, koroporasi maupun keuangan. Karena dengan CSS semua dapat tergambarkan jelas dari data pasar, kompetitor, keuangan hingga personal karyawannya. Setelah itu sudah tercapai maka goal selanjuntnya adala long-term vision, saat inilah perusahaan Anda menjadi perusahaan yang siap dalam berbagai perubahan dan kokoh.

Dengan menggunakan strategi perubahan tersebut, perusahaan dapat siap menghadapi globalisasi, business 4.0, industry 4.0 dan society 5.0. Perubahan akan membuat Anda tertantang untuk menaklukannya karena semakin Anda ditempa kesulitan, saat itulah Anda untuk menjadi kuat.