Beberapa Negara Sebagai Mitra Indonesia Dalam Produksi Vaksin Covid-19

Ilustrasi Merancang Vaksin Covid-19
Foto: Ilustrasi Merancang Vaksin Covid-19

rancah.com – Presiden Donald Trump memborong ratusan juta vaksin untuk warganya dari perusahaan internasional dalam bidang kesehatan (Pfizer) yang bermarkas di New York, dimana Pemerintah AS telah menjalani kesepakatan untuk pembelian dan pendistribusian vaksin untuk warganya, namun produksi dan distribusi ini akan dijalankan dengan secara bertahap.

Melansir dari CNN Indonesia Menteri Kesehatan Amerika Serikat Alex Azar mengatakan vaksin tersebut akan di berikan dengan secara gratis kepada warga Amerika Serikat, namun jika di beli akan di jual dengan harga yang terjangkau.

Disisi lain China dan Indonesia serta Korea Selatan mendorong kerjasama dalam pengembangan serta memproduksi vaksin Covid-19 yang sedang melanda ngara-negara di dunia. Sinovac Biotec Ltd yang merupakan perusahaan bioteknologi asal China, telah mengirim 2.400 unit sampel vaksin ke Indonesia kemudian akan diuji klinis tahap ketiga di Indonesia yang akan berlangsung akhir Juli hingga akhir tahun ini oleh Biofarma dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran.

Di samping itu, PT. Kalbe Farma Tbk Indonesia tengah bekerjasama dengan bioteknolgi plat merah Korea Selatan, Genexine Inc. dengan meneliti menggunakan Platform jenis DNA.

Genexine telah melakukan uji klinis tahap pertama di Korea Selatan hingga Agustus 2020 mendatang, kemudian uji klinis kedua akan di lakukan di Indonesia sekitar September atau Oktober 2020.

Di samping kerjasama Indonesia dengan China serta Korea Selatan, Indonesia juga bekerjasama dengan Norwegia dalam memproduksi vaksin corona virus, dimana Duta Besar RI di Oslo, Norwegia, terus melakukan komunikasi intensif dan memfasilitasi proposal kerja sama pengembangan dan produksi vaksin dengan yayasan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI).