Mahfud MD Jadi Menkumham Ad Interim Gantikan Yasonna Laoly Pekan Depan

Menko Polhukam Mahfud MD (Kompas)

Rancah.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD akan menjadi menteri hukum dan hak asasi manusia ad interim minggu depan.

Informasi ini disampaikan Mahfud melalui akun twitter miliknya @mohmahfudmd (12/9/2020).

Terlihat dalam surat pemberitahuan penunjukan yang diberikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno nomor B-68/M.Sesneg/D-3/AN.00.03/09/2020 tertanggal 9 September disebutkan penunjukkan sementara kepada Mahfud berlangsung selama Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Yasonna akan memenuhi undangan menghadiri Sidang Majelis Negara Anggota World Intellectual Propety Organization di Jenewa, Swiss.

“Jadi menteri ad interim itu biasa dan rutin saja, tidak ada sesuatu yang terlalu serius.” tulis Mahfud di akun twitternya.

Hal ini bukan pengalaman pertamakali bagi Mahfud ditunjuk menjadi menteri ad interim dalam kabinet pemerintahan Jokowi. Dua minggu yang lalu, dia juga ditugaskan menjadi menteri dalam negeri ad interim selama Tito Karnavian bertugas di luar negeri.

“Setelah 2 pekan lalu saya jd menteri dalam negeri ad interim, pekan depan saya jadi menteri ad interim Kemenkum-HAM lagi,” kata Mahfud.