Menhan RI Bertemu Dengan Pejabat Pentagon

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Letnan Jendral (TNI) Prabowo Subianto bertemu dengan pejabat Pentagon US Under Secretary Of Defense For Policy, James H Anderson di kantor Kementrian Pertahanan Republik Indonesia, Jakarta, Kamis (18/9/20). Pertemuan ini membahas mengenai isu Laut Cina Selatan.

Dalam twitter resmi Kementrian Pertahanan Amerika Serikat, seperti yang dilansir oleh CNBC Indonesia. Selain membahas soal Laut Cina Selatan, keduanya juga membahas terkait kerjasama dalam bidang pertahanan dan kebebasan navigasi di Asia Pasifik. Hal ini juga dibenarkan oleh juru bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak, meski disebutnya pertemuan itu hal biasa namun ketegangan Laut Cina Selatan terus menjadi perhatian. Indonesia juga kembali memegang teguh prinsip politiknya yang bebas-aktif yang tidak memihak aliansi manapun seiring berseterunya China dengan Amerika Serikat, oleh karena itu, kunjungan dari pihak AS maupun China akan diterima oleh Menteri Pertahanan RI.

Indonesia juga mengajak China dan Amerika Serikat untuk menahan diri serta mengedepankan dialog untuk menjaga perdamaian.