Sempat Tak Diperbolehkan Masuk Gang Rumah Rizieq Shihab, Dandim Jakpus: Ini Wilayah NKRI!

Dandim 0501 Jakarta Pusat Kol. Inf. Luqman Arief berbincang dengan Laskar FPI yang berjaga di depan gang rumah Rizieq Shihab, di Petamburan, Jumat (27/11/2020). Foto: Tangkapan layar video akun YouTube KompasTV

Rancah.com – Pada Jumat (27/11/2020) aparat gabungan dari TNI-Polri melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Daerah gang kediaman Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab ikut disemprot disinfektan oleh petugas. Namun, laskar FPI sempat tidak mengizinkan petugas untuk masuk.

Dilansir dari Kompas.com, petugas TNI-Polri yang melakukan penyemprotan tiba di depan gang rumah Rizieq Shihab pukul 09.20 WIB.

Dalam rombongan tersebut, Komandan Kodim (Dandim) 0501 Jakarta Pusat Kol Inf Luqman Arief turut serta.

Dalam video yang diunggah di akun YouTube KompasTV, Luqman terlihat sempat berbincang-bincang dengan laskar FPI yang berjaga di depan gang rumah Rizieq. Ia berbincang serius dengan salah satu anggota laskar.

Luqman menegaskan bahwa daerah Petamburan, termasuk gang rumah Rizieq Shihab, masih dalam wilayah NKRI. Oleh karenanya, petugas TNI-Polri tidak boleh dilarang masuk.

“Ini kan wilayah NKRI. Petamburan ini wilayah kita. Kita petugas, seluruhnya bisa kita masuki,” kata Luqman.

Setelah perbincangan tersebut, laskar FPI mengizinkan petugas TNI-Polri memasuki gang rumah Rizieq dan melakukan penyemprotan. Ada lima petugas yang masuk dan melakukan penyemprotan.

Diketahui dalam beberapa waktu terakhir, kerumunan sempat terjadi saat massa menyambut Rizieq sepulang dari Arab Saudi, dua pekan lalu. Kemudian kerumunan kembali terjadi setelah Rizieq Shihab menggelar acara pernikahan putrinya yang juga sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.