Politisi Ini Anggap Prestasi Listyo Sigit Prabowo di Atas Rata-rata

Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Rancah.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Azis Syamsuddin meminta publik tidak menilai calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo dari sisi angkatan yang tergolong muda.

Listyo, lulusan Akademi Kepolisian 1991, memang disorot lantaran melangkahi dua angkatan seniornya untuk menjadi Kapolri.

“Secara prestasi, tentu di atas rata-rata, beliau sudah menduduki posisi di Kabareskrim,” kata Azis di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip dari Tempo, Rabu (13/1/2021).

Menurut Azis, wajar jika ada yang merespons pro dan kontra penunjukan Listyo sebagai calon Kapolri lantaran usia dan angkatannya.

Ia menyebut fenomena ini pun pernah terjadi saat Tito Karnavian terpilih menjadi Kapolri. Tito bahkan melangkahi empat angkatan di atasnya.

Meski begitu, kata Azis, Tito dapat mengayomi dan melakukan manajemen internal di Polri. Tito disebutnya juga dapat menjalin hubungan kerja sama eksternal dengan mitra-mitra Kepolisian, serta bekerja memberikan perlindungan bagi masyarakat.

Politikus Golkar ini pun meyakini Listyo Sigit akan mampu memimpin Kepolisian dengan baik.

“Polri di bawah kepemimpinan Pak Sigit tentu bisa bersikap secara profesional, dapat mengayomi masyarakat dan merasa terlindungi bagi masyarakat,” ujar Azis.

Azis berpesan agar Kapolri mendatang membentuk profesionalitas institusi dalam mengayomi masyarakat dengan proporsional, sesuai yang diamanahkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian.

Ia menyebut, profesionalitas Kapolri dan Kepolisianlah yang akan menjawab pro dan kontra saat ini.

“Sehingga proses-proses yang pro dan kontra ini bisa terjawab dengan prestasi yang akan diukir dalam 100 hari nanti Kapolri terpilih dan kemudian dalam satu tahun dan tahun-tahun berikutnya,” kata dia.

Surat dari presiden untuk calon Kapolri dikirimkan ke DPR hari ini langsung oleh Mensesneg Pratikno.

“Surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri,” kata Puan dikutip dari detiknews.

Selanjutnya, Komjen Listyo Sigit Prabowo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III DPR yang merupakan mitra kerja Polri. Setelah menjalani fit and proper test, tahapan selanjutnya adalah pengesahan di paripurna DPR dan dilanjutkan pelantikan di Istana Negara.