Tak Hanya di Tuban, Warga Desa di Kuningan Juga Mendadak Miliarder Borong Mobil dan Motor

Tangkapan layar video 20.detik.com

Rancah.com – Belum juga terhapus dari ingatan soal sebutan Kampung Miliarder di Tuban Jatim karena warganya memborong mobil ramai-ramai hasil jual tanah ke PT Pertamina.

Kini, ada muncul kembali Kampung Miliarder di Desa Kawungsari, Kecamatan Cibereum, Kabupaten Kuningan. Mereka dikabarkan memborong ratusan sepeda motor dan mobil usai mereka menerima uang ganti pembangunan Bendungan Kuningan.

Masing-masing warga menerima uang ganti mulai dari Rp 150 juta sampai Rp 1,6 miliar, hingga desa tersebut kini juga dijuluki ‘Desa Miliarder’.

Total sudah lebih dari 300 unit sepeda motor dan 30 mobil yang dibeli warga secara cash dari uang ganti untung pembangunan Bendungan Kuningan.

Namun, agak sedikit berbeda dari Tuban, hal menarik yang dilakukan warga Desa Kawungsari usai membeli kendaraan, bagi siapapun yang membeli kendaraan baru, mereka harus melakukan saweran atau melempar uang logam.

Hal tersebut sudah menjadi tradisi sebagai bentuk rasa syukur warga setelah membeli kendaraan baru.

“Iya setiap beli motor atau mobil. Warga di sini pasti sawer dan itu sudah menjadi tradisi mungkin ya,” kata Desi Widesi dikutip dari detiknews, Senin (22/2/2021).

Desi mendapat uang ganti untung pembebasan bidang tanah dan bangunan pembangunan Bendungan Kuningan sekitar lebih dari Rp 150 juta. Ia juga turut membeli sepeda motor Honda Beat seharga Rp 17 juta dengan cash.

“Beli cash ini uang dari ganti untung, saya beli satu motor aja, sisa uangnya saya tabung,” ungkapnya.

Tradisi sawer itupun menarik perhatian tetangga Desi. Tampak anak-anak hingga ibu-ibu menanti uang sawer yang dilemparkan oleh keluarga Desi.