Berdasarkan Survei, 4 Nama Ini Capres Terkuat dari PDIP, Siapa yang Bakal Maju di 2024?

Ilustrasi bendera PDIP (Detikcom/Rifkianto Nugroho)

Rancah.com – Beberapa nama politisi PDIP masuk dalam survei Pilpres 2024 versi Lembaga Survei Indonesia (LSI). Survei LSI ini dirilis pada Senin (22/2/2021) via siaran YouTube oleh direktur eksekutif mereka, Djayadi Hanan.

Survei tersebut menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden sebagai sampel basis. Margin of error dari ukuran sampel yakni +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Untuk survei  itu sendiri dilaksanakan pada 25-31 Januari 2021.

Di survei top of mind, ada 2 kader PDIP dari 5 besar kandidat terkuat pilihan responden, yaitu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sesuatu peraturan, Jokowi tentu tidak bisa maju menjadi presiden lagi karena sudah menjabat sebanyak dua periode.

Survei itu kemudian mengerucut dengan pertanyaan semi terbuka. Hasilnya, muncul nama kader PDIP selain nama Ganjar Pranowo. Dikutip dari detiknews, Berikut ini namanya:

1. Ganjar Pranowo: 10,6% (urutan kedua survei)
2. Ahok: 7,2% (urutan keempat survei)
3. Tri Rismaharini: 5,5% (urutan keenam survei)
4. Puan Maharani: 0,1% (urutan ke-22 survei)

Kemudian LSI melakukan survei pilpres tadi dengan simulasi tertutup 14 nama. Di simulasi ini, hanya tersisa Ganjar dan Puan Maharani sebagai perwakilan PDIP dengan Ganjar masih memiliki elektabilitas terkuat.

1. Ganjar Pranowo: 14,7% (urutan kedua)
2. Puan Maharani: 0,8% (urutan ke-11)

Lalu, survei LSI mengerucutkan sepuluh kandidat Pilpres 2024. Lagi-lagi Ganjar yang paling kuat dengan 15,4% atau urutan kedua di bawah Menhan Prabowo Subianto. Adapun Puan Maharani berada di posisi kesembilan dengan 1,1%.

Terkait hal ini, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan peluang untuk maju masih terbuka untuk siapa pun.

“Pak Ganjar itu adalah kader PDIP yang sekarang Gubernur Jawa Tengah. Tetapi kita harus tahu bahwa di PDIP juga banyak kader juga selain Pak Ganjar. Maka daripada itu, kita akan tunggu bagaimana ini, tergantung dari Pak Ganjar juga, bagaimana dia bisa meningkatkan elektabilitasnya dan teman-teman di PDIP maupun dari luar kita juga bisa,” kata Djarot Saiful Hidayat seusai rilis.

“Artinya apa? Artinya, 2014 (2024) itu masih terbuka bagi siapa pun juga,” ujar Djarot.