Viral Ikan Hiu Berwajah Mirip Manusia Ditemukan Nelayan di NTT, Disorot Media Asing

Tangkapan layar video

Rancah.com – Seorang nelayan di Indonesia dikabarkan menemukan seekor bayi hiu dengan wajah layaknya manusia. Hal itu pun menghebohkan media sosial dan disorot media asing.

Makhluk aneh itu ditemukan nelayan bernama Abdullah Nuren ketika hendak melaut dari pesisir pantai Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Minggu (21/2).

Ia mengaku menangkap hiu dewasa ayang sedang hamil saat sedang memancing. Hiu dewasa itu diketahui telah mati setelah terjebak di kapal pukat.

Berdasarkan lansiran CNN Indonesia dari Mirror, Abdullah berinisiatif membedah perut hiu yang sedang hamil itu. Di dalamnya, dia menemukan tiga ekor anak hiu. Namun ternyata, salah satunya bayi hiu itu memiliki penampilan yang unik dengan dua mata bulat besar di bawah hidungnya.

Sejumlah ahli berpendapat bahwa penampilannya yang unik itu mungkin disebabkan oleh kondisi yang langka.

Dalam video yang beredar yang salah satunya diunggah di akun YouTube Flores Pedia, Abdullah menempatkan bayi hiu tersebut di dalam sebuah kotak kertas dan menempatkannya pada posisi yang memperlihatkan perutnya. Anak hiu itu tampak memiliki mata tepat di bawah moncong runcing, bukan di sampingnya.

Dengan mulut tetap terbuka, makhluk itu disebut terlihat seperti berwajah manusia.

“Awalnya saya menemukan seekor induk hiu terperangkap di jaring pukat. Keesokan harinya saya membelah perut induk hiu dan menemukan tiga ekor anak di dalam perut. Dua seperti ibunya dan yang satu ini tampak seperti berwajah manusia,” kata Abdullah.

Ilmuwan Marine Stewardship Council, David Shiffman mengatakan keanehan pada bayi hiu itu diduga karena cacat lahir. “Ini bukan hal yang saya pelajari, tetapi beberapa ahli yang saya ikuti melaporkan itu mungkin kasus Cyclopia parsial dengan satu orbit yang menyatu tetapi masih dua mata,” ujar Shiffman.

New York Post memberitakan, Abdullah menyampaikan induk hiu ditemukan di lepas pantai Pepela. Semenjak penemuan itu, dia menyampaikan kediamannya ramain dikunjungi oleh warga yang penasaran.

Selain itu, dia menyampaikan banyak orang yang hendak membeli bayi hiu itu. Namun, Abdullah memilih untuk menyimpannya dan meyakini hewan unik itu akan memberi keberuntungan.