Dorong KLB Demokrat, Darmizal cs Jagokan Moeldoko hingga RK

Eks Senior PD Darmizal. Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom

Rancah.com – Kongres luar biasa (KLB) sedang direncanakan oleh para pendiri Partai Demokrat (PD) untuk melengserkan kepemimpinan Ketum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Salah satu pendiri PD, Darmizal, mengatakan sudah ada banyak nama yang diwacanakan untuk menggantikan posisi AHY sebagai ketum.

Menurut Darmizal, banyak kader PD menginginkan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko menggantikan AHY.

Tapi selain Moeldoko, Darmizal juga mengatakan ada juga nama lain yang muncul, seperti Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, Gubernur Jawa Barat (Jawa Barat) Ridwan Kamil atau RK, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor, dan Ketum Partai Emas Hasnaeni.

“Beberapa nama muncul diwacanakan para kader pemilik suara, antara lain Edhie Baskoro Yudhoyono, Ridwan Kamil Gubernur Jabar, Pak Isran Noor, Gubernur Kaltim. Ada juga Hasnaeni yang sudah jadi Ketum Partai Emas,” ujar Darmizal kepada wartawan, Senin (1/3/2021) malam. dikutip dari detiknews.

“Terbanyak adalah permintaan atas Pak Moeldoko,” lanjutnya.

Meski begitu, Darmizal menilai dinamika terkait nama calon Ketum PD masih terus berkembang. Ia mengatakan panitia KLB akan mempersiapkan kongres partai secara baik dan benar.

“Namun dinamika masih berkembang, pastinya tentu akan menjadi tugas panitia kongres untuk menetapkan sesuai mekanisme kongres yang baik dan benar,” katanya.

Ia mengatakan akan menetapkan ketum PD sesuai aspirasi yang berkembang di arena kongres.

“Penetapan sesuai aspirasi yang berkembang di arena kongres. Heboh yang ada diberbagai media mainstream dan media sosial hanyalah bunga-bunga jelang KLB berlangsung,” tuturnya.

Darmizal menilai KLB merupakan solusi terbaik untuk menyelamatkan PD.

“Yang pasti bahwa KLB adalah solusi terbaik untuk menyelamatkan Partai Demokrat dan melepaskan para kader dari belenggu tirani politik dinasti. Melepaskan para kader dari kewajiban menyetorkan iuran setiap bulan yang sangat memberatkan,” sambungnya.

Sebelumnya, salah satu pendiri PD, Hencky Luntungan, menyebut semua persiapan terkait KLB telah selesai. Mulai dari lokasi hingga peserta KLB. “Sudah semuanya. Semuanya sudah. Tempat sudah, peserta sudah. Tapi itu belum bisa kita ekspose ya karena nanti kan akan banyak kendala,” kata Hencky kepada wartawan, Senin (1/3).

Hencky mengatakan, KLB akan digelar pada pertengahan Maret ini. Lebih lanjut, Hencky mengatakan KLB PD akan diketuai oleh Jhoni Allen Marbun. Selain itu, ia menyebut nama Darmizal akan menjadi Ketua Bidang Operasional KLB PD.

“Di bulan Maret ini. Bisa di pertengahan, mungkin, atau minggu kedualah,” katanya.