Uni Emirat Arab Langsung Investasi Rp140 Triliun Usai Jokowi Telepon Putra Mahkota MBZ

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Putra Mahkota Abu Dhabi/Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan (kiri) saat kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat. Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Rancah.com – Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan investasi di Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia atau Indonesia Investment Authority (INA). Tak tanggung-tanggung, nilai investasi tersebut mencapai 10 miliar dolar AS, setara Rp140 triliun.

Duta Besar RI untuk UEA, Husin Bagis mengatakan, investasi ini merupakan buah manis dari komunikasi lewat sambungan telepon antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Putra Mahkota Abu Dhabi sekaligus Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA, Syeikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Percakapan kedua pimpinan negara tersebut terjadi pada Jumat (19/3/2021) menjelang Maghrib, tepatnya pukul 17.30 WIB.

Presiden Jokowi dan Pangeran MBZ terlibat dalam pembicaraan akrab dan hangat serta berdiskusi mengenai perkembangan hubungan dan kerja sama antar kedua negara.

“Salah satu materi yang menjadi fokus pembicaraan adalah Indonesia Investment Authority (INA) yang telah terbentuk dan beroperasi di Indonesia,” kata Husin, Selasa (23/3/2021) dikutip dari iNews.

Husin mengatakan, investasi UEA di INA akan semakin memperkokoh hubungan bilateral kedua negara. Hal ini terefleksikan dari kedekatan hubungan personal antara pimpinan negara.

Ini Janji Presiden Jokowi “Terbentuknya INA juga tidak lepas dari bantuan pemikiran dan dukungan Pemerintah UEA yang cukup aktif dalam pembentukan INA,” katanya.

Dengan investasi tersebut, kata Husin, sejauh ini UEA menjadi investor utama yang terbesar (anchor investor) di INA.

“Bergabungnya UEA semakin menunjukkan tingginya kepercayaan dunia internasional untuk berinvestasi pada INA dan akan semakin menarik investor dunia lainnya untuk bergabung dan berinvestasi,” katanya.

Hubungan Jakarta dan Abu Dhabi terjalin mesra dalam beberapa tahun terakhir. Pada September 2015, Presiden Jokowi datang ke UEA yang direspons dengan kunjungan Pangeran MBZ ke Indonesia pada Juli 2019.

Baru-baru ini, kedua negara juga menggelar UAE-Indonesia Week 2021.

Dalam forum tersebut, tercipta kesepakatan kerja sama di berbagai bidang seperti pelabuhan, logistik, industri pertahanan, energi, dan turisme.