Gatot Nurmantyo Menerima Tawaran Terawan Agus Putranto

Gatot Nurmantyo. Foto: pikiran-rakyat.com

Rancah.com – Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo mendapat ajakan eks Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto untuk mengikuti uji klinik Vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (14/4) ini.

Gatot memenuhi ajakan tersebut. Kemudian dia bersedia disuntikkan vaksin yang digagas oleh Terawan tersebut.

“Iya saya tahu (dari Terawan, red) dan saya siap,” ujar dia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (14/4/2021).

Gatot mengatakan alasan mau divaksin dengan vaksin nusantara karena ia menyadari bahwa ia lahir hingga dididik sebagai seorang prajurit ya di tanah air ini.

“Saya ini lahir di sini, makan di sini, minum di sini, diberi ilmu di sini, dan dididik sebagai seorang prajurit di bumi pertiwi,” kata Gatot kepada wartawan, dikutip dari detiknews.

Gatot menyebut Vaksin Nusantara merupakan karya anak bangsa. Dia pun mau mendukung pengembangan vaksin tersebut dengan mengikuti proses uji klinik.

“Kemudian ada hasil karya putra Indonesia yang terbaik, kemudian uji klinik, kenapa tidak saya? Apapun saya lakukan untuk bangsa dan negara ini,” tegas Gatot soal alasannya ikut menggunakan vaksin nusantara.

Selain Gatot, sejumlah anggota DPR hari ini juga mendatangi RSPAD Gatot Soebroto untuk menjalani proses vaksinasi dengan vaksin nusantara.

Tahap pertama yang dilakukan adalah pengambilan darah untuk kemudian disuntikkan lagi setelah diproses.

“Belum disuntik, diambil darahnya dulu,” ujar Gatot.

Uji klinis vaksin nusantara saat ini terhenti di fase 1 dan belum mendapat lampu hijau dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk lanjut ke fase berikutnya.

“Tidak ada izin uji klinik fase II yang dikeluarkan oleh BPOM untuk vaksin Nusantara,” tegas juru bicara vaksinasi COVID-19 Lucia Rizka Andalusia, dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (14/4/2021).