Sebut Presiden Masuk Surga, Gubernur Kaltim Ditelepon Pak Jokowi

Gubernur Kaltim, Isran Noor saat memberi sambutan dalam acara launching virtual expo di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Samarinda, Rabu (14/4/2021). (Dok. Biro Humas Pemprov Kaltim via Kompas)

Rancah.com – Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor kembali angkat bicara soal pernyataannya ketika menyebut Presiden Jokowi masuk surga karena memindahkan ibu kota negara Indonesia. Ia mengaku setelah ucapannya itu jadi pemberitaan, keesokan harinya dia mendapat telepon dari Presiden Jokowi.

“Tanggal 8 (April 2021) sore saya dapat telepon dari beliau (Jokowi); Apalagi tuh Pak Isran, kan sudah lama itu,” kata Isran menirukan perbincangannya dengan Jokowi melalui sambungan telepon dilansir dari Kompas.

“Enggak apa-apa Pak, maklum saja tuh orang-orang,” sambung Isran.

Isran menceritakan perbincangannya bersama Jokowi itu saat memberi sambutan dalam acara launching virtual expo di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Samarinda, Rabu (14/4/2021).

Isran awalnya menyinggung bahwa pernyataannya yang menyebut Jokowi masuk surga saat memberi kuliah umum di Universitas Indonesia di Jakarta, Rabu (7/4/2021) itu ternyata viral. Padahal, kata Isran, ungkapan itu ia sampaikan lama dihadapan Presiden Jokowi pada November 2019.

“Jadi ada dua kemungkinan orang komentar negatif. Satu ilmunya tidak sampai, kedua, dia tidak suka ibu kota dipindah. Kira-kira seperti itu,” kata Isran.

“Nah kalau di sini mungkin banyak enggak suka atau suka, enggak tahu saya,” tutur Isran seraya menunjuk tangannya ke arah peserta acara launching virtual expo di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim.

Isran mengaku tak ambil pusing dengan komentar orang jika yang dilakukan tujuannya baik. “Itu sebuah konsekuensi enggak bisa kita hindari. Jadi kita tujuan baik jalankan saja. Soal (komentar) orang-orang kiri kanan, kita biarkan saja,” sambung Isran.

Sebelumnya, saat memberi kuliah umum di Universitas Indonesia di Salemba, Jakarta, Rabu (7/4/2021), Isran mengisahkan pernah menyampaikan ke Presiden Jokowi bakal masuk surga karena telah memindahkan ibu kota negara

Alasannya, karena di era kepemimpinan Jokowi, rencana ibu kota negara yang telah diwacanakan tiga mantan presiden sebelumnya, terealisasi. Ketiga mantan presiden yang dimaksud Isran yakni mantan Presiden Soekarno, Soeharto dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Makanya saya sampaikan kepada Bapak Jokowi (presiden). Mas Jokowi, Bapak Presiden, Bapak itu pasti masuk surga. Tidak usah lagi Bapak itu beramal ibadah,” kata Isran Noor.

Isran mengatakan dengan memindahkan ibu kota negara, Jokowi telah mewujudkan cita-cita dua kepala negara yang sudah meninggal dunia yakni Soekarno dan Soeharto. “Artinya Bapak (Jokowi) mewujudkan cita-cita itu,” ujar Isran.