Rombongan WNA Dibiarkan Masuk Saat Lebaran, Fadli Zon: Kita Mau Ziarah Kuburpun Tak Bisa

Foto: Tangkapan layar video channel YouTube Fadli Zon Official

Rancah.com – Politikus Partai Gerindra, Fadli Zon mengkritik adanya rombongan WNA asal China ke Indonesia. Padahal masyarakat Indonesia sendiri tengah menjalani larangan mudik lebaran.

Fadli mengatakan, pada hari raya lebaran tetap aja ada WNA yang masuk ke Indonesia. Ia mempertanyakan kedatangan mereka apakah untuk migrasi atau akan menetap di tanah air.

“Ini rombongan WNA China berdatangan terus tanpa henti bahkan di hari Lebaran. Mau kerja atau migrasi menetap di negeri ini?,” tulis Fadli Zon lewat akun twitternya @fadlizon.

Ia juga mengungkapkan, rakyat Indonesia mau mengunjungi orang tua dan ziarah ke makam pun tak bisa dilakuka. Sementara WNA dibiarkan masuk ke Indonesia.

“Sementara kita mau ziarah kuburpun tak bisa,” tulis Fadli Zon.

Dikutip dari SuaraSurakarta.id, kedatangan Warga Negara Asing (WNA) asal China ke Indonesia belum lama ini menimbulkan amarah dan kecemburan sosial di tengah pelarangan warga lokal untuk mudik lebaran tahun ini.

Meski masih masa pandemi, total terdapat 157 orang WNA yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (08/05/2021).

Para WNA tersebut datang dari Guangzhou-China menggunakan pesawat China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ-387.

Pesawat Xiamen Airlines dengan nomor penerbangan MF855 dari Fuzhou, Cina, mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (13/5/2021) sekitar pukul 12.20.

Dari total 114 penumpang, sebanyak 110 WNA asal Cina. Mereka menjalani karantina di wisma ataupun di hotel yang telah ditunjuk Satgas Gugus TNI, dengan rincian: Hotel Arcadia 53 orang, hotel Shangrila 1 orang, Grand Sahid Jaya 18 orang, Mercure Jakarta Batavia 9 orang, Holiday Inn Gajah Mada 30 orang.

Dalam penerbangan itu juga terdapat 1 WNA asal Korea yang melakukan karantina di Hotel Grand Sahid, 2 WNI yang karantina di Hotel Mercure Batavia dan 1 WNI karantina di Wisma Atlet.