Cek Fakta: Jokowi Copot Menag Yaqut?

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengikuti raker dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). Rapat yang membahas perkembangan persiapan penyelenggaraan ibadah haji tersebut akan dilakukan secara tertutup. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja.

Rancah.com – Sebuah video berdurasi 10 menit yang beredar di Youtube menyebutkan Presiden Joko Widodo telah mencopot Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas.

Video milik kanal Youtube C&N Channel yang diunggah pada 4 Juni 2021 tersebut, sudah ditonton lebih dari 200.000 kali, disukai 2.200 orang, serta mendapatkan 1.535 komentar hingga Rabu (9/6).

Berikut judul video milik akun dengan 713.000 pengikut di Youtube itu:
“BERITA TERBARU HARI INI 4 JUNI 2021 – JOKOWI; COPOT; MENAG YAQUT ; BERITA TERKINI”.

Tangkapan layar yang menyatakan Presiden Jokowi copot Menag Yaqut (Youtube)

Namun, benarkah Presiden Jokowi copot Menag Yaqut?

Penjelasan:
ANTARA hingga Rabu (9/6), tidak menemukan pernyataan resmi maupun berita di media massa yang membenarkan pencopotan Menag Yaqut, pada 4 Juni 2021.

Saat ditelusuri, video berdurasi 10 menit di Youtube tersebut juga ternyata tidak memuat informasi atau cuplikan gambar yang menunjukkan bahwa Kepala Negara mencopot tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) yang saat ini menjabat sebagai Menteri Agama itu.

Faktanya, video tersebut hanya berisi diskusi mengenai keputusan pemerintah untuk tidak memberangkatkan calon jemaah haji pada 2021 Masehi/1442 Hijriah.

Dengan demikian, narasi tentang pencopotan Menag Yaqut oleh Presiden Jokowi merupakan hoaks.

Klaim: Jokowi copot Menag Yaqut
Rating: Salah/hoaks