Ini Isi Pertemuan Rizieq Shihab dengan Budi Gunawan Versi Pleidoi

Rizieq Shihab saat membacakan pleidoi. Foto: Tangkapan layar video 20.detik.com

Rancah.com – Rizieq Shihab dalam pleidoinya, mengungkap pernah bertemu dengan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dan Jenderal Tito Karnavian yang saat itu menjabat Kapolri di Arab Saudi.

Mulanya Rizieq menyampaikan pertemuan itu bermula saat pada akhir Mei 2017, Menko Polhukam RI saat itu, Jenderal TNI (Pur) Wiranto, meneleponnya dan mengajaknya untuk berdialog dan rekonsiliasi. Kala itu, Rizieq menyambut baik ajakan itu.

Pada Juni 2017, Rizieq pun bertemu dengan Budi Gunawan (BG) di salah satu Hotel Berbintang Lima di Kota Jeddah, Arab Saudi. Rizieq mengatakan hasil pertemuan dengan Budi Gunawan saat itu sangat bagus.

Saat itu ada kesepakatan tertulis yang dihasilkan dari pertemuan itu. Kesepakatan tertulis itu ditanda-tangani oleh Rizieq dan Komandan Operasional BIN Mayjen TNI (Pur) Agus Soeharto di hadapan Budi Gunawan.

Rizieq mengatakan surat itu kemudian dibawa ke Jakarta dan dipersaksikan serta ditandatangani juga oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang saat itu menjabat Ketua Umum MUI Pusat.

“Di antara isi kesepakatan tersebut adalah ‘Stop semua kasus hukum saya dkk’ sehingga tidak ada lagi Fitnah Kriminalisasi, dan kami sepakat mengedepankan dialog dari pada Pengerahan Massa, serta siap mendukung semua kebijakan Pemerintahan Jokowi selama tidak bertentangan dengan Ajaran Agama Islam dan Konstitusi Negara Indonesia,” ungkap Rizieq saat membacakan pleidoinya, di PN Jakarta Timur, dikutip dari video 20.detik.com, Kamis (10/6/2021).