Pria Ini Bagikan Tutorial Menawar Harga ke Pedagang Kecil saat PPKM, Endingnya Diluar Dugaan

Tangkapan layar video akun instagram @matpeciiii

Rancah.com – Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sudah berjalan dua minggu terakhir membuat sebagian besar masyarakat terdampak ekonomi.

Tak sedikit masyarakat yang kesulitan untuk mencari nafkah lantaran situasi yang mengharuskan kita untuk tetap berada di rumah. Terlebih, para pedagang kecil. Banyak dari mereka kehilangan sumber penghasilan karena PPKM ini.

Namun, belakangan ini viral sebuah tutorial yang dibagikan oleh warganet. Tutorial tersebut bertema cara menawar pedagang kecil di masa PPKM. Tutorial ini dibagikan oleh pemilik akun Instagram @matpeciiii bersama keluarganya.

Dalam video singkat yang ia bagikan, ia menawar seorang wanita yang sedang berjualan es tebu. Namun, bukannya menurunkan harga, tawar menawar yang mereka lakukan begitu unik.

Ia bersama keluarganya justru menawar dengan melebihi harga dari apa yang dijual oleh pedagang tersebut.

“Tutorial cara tawar-nawar harga ke pedagang kecil saat PPKM ala mat Peci,” tulis akun tersebut dalam keterangan unggahan video itu, dikutip Rancah.com, Minggu, (18/72021).

Dalam unggahan di akun Instagram-nya, ia mendatangi seorang pedagang es tebu yang berjualan di bawah pohon yang rindang. Dengan kedatangan pembeli, penjual tersebut terlihat senang.

Kemudian, sang penjual meracik es tebu tersebut hingga selesai. Selepas itu, pemilik akun Instagram Mat Peci beserta keluarganya menanyakan harga dari es tebunya.

Menurut si penjual, es tebunya itu dihargai Rp 5.000 per gelasnya. Kemudian, terdengar suara wanita mulai melakukan penawaran.

“Berapa bu Rp 5.000? Jangan Rp 5.000 atuh,” kata seorang wanita.

Mendegar hal tersebut, sang penjual pun terdiam. “Rp 100.000 aja yah?” tambah sang wanita dari belakang kamera.

Kemudian, terdengar lagi celetukkan dari wanita lain yang mulai menawarkan harga di atas Rp 100.000. Mereka menawar Rp 200.000 dan Rp 300.000.

Namun, akhirnya sang pria memutuskan untuk memberikan uang Rp 500.000.

Dengan wajah kebingungan ibu pedagang es tebu itu hanya bisa diam. Matanya terlihat mulai berkaca-kaca mendengar percakapan keluarga tersebut.

Dengan tangan gemetar dan wajah yang mulai meringis menahan tangis, ibu penjual es tebu itu mulanya enggan untuk menerima uang tersebut.

“Serius pak?” tanya sang penjual.

Akhirnya, ibu penjual es tebu itu menerima dengan mengucapkan terima kasih.

Setelah menerima uang, pedagang es tebu tersebut pun menunduk. Ia terlihat menangis di belakang gerobak dagangannya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MAT PECI (@matpeciiii)