Jokowi Ditanya Siswa SD: Kalau jadi Presiden Ngapain Aja?

Tangkapan layar video akun YouTube Sekretariat Presiden

Rancah.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan video call dengan para siswa SD Negeri Sudimara Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Jumat (23/7/2021).

Jokowi ditanya oleh salah satu siswa soal apa saja pekerjaan menjadi presiden.

“Kalau jadi Presiden ngapain aja?” tanya salah satu anak sebagaimana ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (23/7/2021).

“Iya Pak, ngapain aja?” tanya siswa lainnya.

Merespons pertanyaan itu, Jokowi sempat tertawa kecil. Dia pun menjelaskan bahwa pekerjaan menjadi presiden yakni, memimpin rapat bersama para menteri, melakukan kunjungan kerja ke luar daerah, hingga mengecek langsung pembangunan infrastruktur.

“Ya memimpin rapat dengan menteri-menteri, kemudian pergi ke Aceh sampai ke Papua untuk mengecek itu, mengecek jalan bagus ndak. Mengecek waduk-waduk, mengecek pelabuhan, mengecek airport. Gitu, hehehehe,” jawab Jokowi sambil terkekeh.

Presiden memahami bahwa sudah setahun lamanya anak-anak belajar dan bermain di rumah karena pandemi Covid-19. Namun, Jokowi meminta anak-anak untuk tetap semangat belajar meski tidak ke sekolah.

“Anak-anak jadi yang paling penting anak-anak belajar semuanya ya, belajar semuanya jangan lupa selalu ini pake masker, selalu pake masker,” ujarnya.

Jokowi juga mengingatkan anak-anak untuk selalu mencuci tangan memakai sabun usai berkegiatan serta menjaga jarak apabila berbicara dengan orang lain.

Kemudian, Jokowi mengajak anak-anak saling mengingatkan teman atau tetangga agar memakai masker jika keluar dari rumah.

“Anak-anakku semua adalah masa depan Indonesia. Harus tetap semangat belajar, dan teruslah teruslah bergembira, rajin beribadah. Jangan lupa juga berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa untuk memohon perlindungan bagi kita semua, bagi bangsa Indonesia,” kata Jokowi.

“Selamat Hari Anak Nasional untuk semua anak-anakku di Indonesia, anak-anak terlindungi, Indonesia Maju,” tutup Jokowi.