Pimpinan KKB Pecatan TNI Senat Soll Ditangkap

Dirreskrimum Polda Papua Kombes Faisal Rahmadank. (ANTARA/Evarukdijati)

Rancah.com – Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Papua Kombes Faisal Rahmadani mengatakan tim gabungan dari Polres Yahukimo dan Satgas Ops Nemangkawi menangkap salah satu pimpinan KKB Senat Soll di Dekai.

Senat Soll sempat melawan saat ditangkap.

Tindakan penangkapan dilakukan pada Kamis (2/9) sekitar pukul 05.00 WIT di sekitar Dekai. Senat Soll ditembak di kaki kanan karena melawan.

“Saat ditangkap, Senat Soll sempat melawan sehingga anggota terpaksa menembak dan terkena kaki bagian kanan,” kata Kombes Faisal di Jayapura, Kamis (2/9/2021), seperti dilansir Antara.

Saat ini Senat Soll alias Ananias Yalak, yang juga mantan anggota TNI AD, sudah diamankan dan masih mendapat perawatan di RSUD Dekai.

Dijelaskan, Senat Soll awalnya terlibat kasus jual-beli amunisi sebanyak 155 butir pada 2018, saat masih tergabung dengan TNI AD.

Untuk sementara, ada empat laporan polisi terkait Senat Soll, termasuk kasus pembunuhan staf KPU Yahukimo Hendri Jovinski, yang dilakukan pada 11 Agustus 2020 dan pembunuhan Muhammad Thoyib pada 20 Agustus 2020.

Terkait laporan polisi kemungkinan bertambah karena anggota masih terus melakukan penyelidikan, kata Kombes Faisal. Senat Soll dijadwalkan pada Kamis (2/9) dievakuasi ke Jayapura.