Lakukan Pungli Terhadap Warga yang Hendak Lewat Jembatan Rusak, Preman di Sumut Ditangkap

Foto: Preman pelaku pungli di jembatan Tuntungan (dok. Polisi)

Rancah.com – Video yang memperlihatkan seorang pria yang disebut sebagai preman melakukan pungutan liar (pungli) ke warga yang melintasi jembatan rusak di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) viral. Preman itu dikabarkan telah ditangkap polisi.

Dalam video viral itu terlihat sejumlah kendaraan mengantre di sebuah jembatan. Para pengendara berhenti di satu sisi jembatan karena jalan di sisi lain ditutup.

Pengunggah membuat narasi kalau jembatan itu dalam kondisi rusak dan penutupan dilakukan oleh preman setempat.

Preman ini disebut meminta uang kepada pengendara jika ingin melalui jembatan yang rusak ini.

“Lokasi Jembatan Tuntungan arah kampus 4 UIN Sumut. Nggak mau bayar disuruh putar balik,” demikian narasi yang menyertai video itu.

Terkait hal ini, Kapolsek Pancur Batu, Kompol Dedy Dharma, mengatakan pihaknya sudah mendatangi Jembatan Tuntungan yang menjadi lokasi pungli.

Saat polisi datang, ada sekelompok orang yang meminta uang ke pengendara.

“Untuk memastikan berita yang viral itu, saya bersama Kanit Intel turun ke lokasi. Sampai di TKP kita melihat pelaku sedang berdiri sambil memegang uang usai menyetop dan meminta uang kepada para pengendara yang lewat,” kata Dedy dikutip dari detiknews.

Beberapa preman yang melihat polisi kemudian kabur. Dia mengatakan ada satu orang preman yang ditangkap.

“Saat mengamankan pelaku, beberapa temannya berkisar empat sampai lima orang melarikan diri. Satu orang berinisial FS diamankan,” tuturnya.

Polisi mengamankan sejumlah uang yang diduga didapat FS dari pungli terhadap warga. FS kemudian dibawa ke Polsek untuk dimintai keterangan.

“Untuk penyidikan lebih lanjut FS kita boyong ke Mako Polsek Pancur Batu,” katanya.