PPKM Dilonggarkan & Bioskop Bisa Dibuka, Ini Syaratnya

Ilustrasi Bioskop. /Istimewa

Rancah.com – Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah mulai melakukan uji coba pembukaan bioskop.

Bioskop diperbolehkan mulai beroperasi di daerah yang berstatus PPKM level 3 dan 2.

“Pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50 persen pada kota-kota level 3 dan 2 namun dengan kewajiban menggunakan aplikasi PeduliLindungi serta protokol ketat, hanya kategori hijaulah yang dapat masuk area Bioskop ” kata Luhut dalam video yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/9/2021).

Pemerintah sebelumnya menyetop pembukaan bioskop sejak pandemi Covid-19 varian delta merebak pada 3 Juli lalu.

Luhut menjelaskan bioskop yang sudah mulai diizinkan beroperasi ialah yang berada di area kategori hijau. Sedangkan bioskop yang masih di zona kuning atau merah tidak diizinkan dibuka.

Pemerintah memperpanjang PPKM level pada 13 hingga 20 September 2021.

Sejumlah daerah mengalami penurunan level dari level 4 menjadi 3 karena adanya perbaikan penanganan Covid-19. Salah satu daerah yang telah mengalami penurunan level adalah Bali.

Luhut menerangkan, sejak penerapan PPKM pada 6-13 September, pemerintah mencatat perkembangan kasus nasional yang menunjukkan perbaikan signifikan. Dilihat dari tren penurunan kasus konfirmasi, penyebaran Covid-19 menurun hingga 93,9 persen.

Secara spesifik, kasus kofirmasi di Jawa dan Bali pun turun 96 persen dari titik puncak 15 Juli. Sementara itu, jumlah kasus aktif juga melorot di bawah 100 ribu.

“Hari ini 2.577 dengan tingkat kesembuhan 12 ribu lebih,” ujar Luhut.

Meski demikian, Luhut meminta warga tidak menyambut momentum penurunan kasus dengan euforia berlebigan. Sebab, Indonesia masih menghadapi ancaman gelombang Covid-19 dengan munculnya virus-virus Covid varian baru.