Yusril Ihza Mahendra Senang Hamdan Zoelva Jadi Kuasa Hukum AHY: Jeruk Makan Jeruk

Kolase foto Hamdan Zoelva dan Yusril Ihza Mahendra. REUTERS/Darren Whiteside – Istimewa

Rancah.com – Yusril Ihza Mahendra memberikan tanggapan soal Hamdan Zoelva yang menjadi kuasa hukum Partai Demokrat dan bakal berhadapan dengannya di kasus gugatan AD/ART Partai Demokrat.

Yusril dan Hamdan pernah satu partai di PBB, bahkan mereka pun memiliki kedekatan.

“Ini jeruk makan jeruk,” kata Yusril berseloroh, seperti dalam keterangannya, Kamis (7/10/2021) dikutip dari detik.

Saat ini Yusril masi hmenjadi Ketua Umum PBB, sedangkan Hamdan aktif dalam kepemimpinan PBB sejak berdiri sampai dirinya dilantik menjadi Hakim MK pada 2013 silam.

Hamdan disebut pernah menjadi staf khusus Yusril ketika menjadi Mensesneg. Yusril pula yang menjadi co-promotor ketika Hamdan mengambil gelar doktor di Unpad.

Meski begitu, Yusril menilai Hamdan sebagai orang profesional dan objektif. Pikirannya jernih dan jauh dari sikap emosional.

Karenanya Yusril mengaku senang mendengar Hamdan menjadi kuasa hukum Partai Demokrat.

“Kader-kader PBB umumnya cerdas dan profesional, apalagi menangani soal-soal hukum. Mereka nggak cengengesan. Menangani kasus hukum tapi jorjoran bikin manuver politik hantam sana hantam sini seperti pakai jurus dewa mabuk dalam dunia persilatan. Karena itu, saya gembira mendengar Hamdan jadi lawyer pihak sana,” ujar Yusril.

Diketahui, Yusril Ihza Mahendra ditunjuk oleh empat mantan kader Demokrat untuk menggugat AD/ART partai Demokrat ke Mahkamah Agung (MA). Dalam perkara itu, Yusril yakin Hamdan akan bersikap profesional.

“Saya kira sebagai akademisi hukum dan mantan hakim dan Ketua MK, Hamdan akan melakukan tugas profesionalnya sebagai advokat yang mumpuni,” kata dia.