Eks Pegawai KPK Punya Keinginan Dirikan Partai Politik

Mantan pegawai KPK yang diberhentikan, Rasamala Aritonang terpikirkan untuk membuat partai politik guna mewujudkan Indonesia bebas korupsi (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)

Rancah.com – Mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rasamala Aritonang, menyampaikan keinginannya untuk mendirikan partai politik.

Rasamala mengatakan nama partai tersebut yakni Partai Serikat Pembebasan.

“Partai Serikat Pembebasan. Ideologinya Pancasila yang hakiki bukan sekadar jargon,” ucap Rasamala dikutip dari detik, Rabu (13/10/2021).

Ia mengaku masih membicarakan hal ini dengan kawan-kawan yang juga dipecat KPK. Selain itu, dia hendak menemui sejumlah tokoh untuk membahas hal ini.

“(Rencana menemui tokoh) yang ini sedang kita list dan sedang coba kami konfirmasi untuk nanti kita minta pandangan dan nasihatnya,” kata Rasamala.

Rasamala sebelumnya merasa bahwa parpol menjadi wadah yang pas untuk memperjuangkan semangat antikorupsi. Meski syarat pendirian parpol dianggapnya sulit, tidak ada salahnya mencoba.

“Pemikirannya, kalau mau bikin perubahan yang punya impact besar kan partai politik adalah salah satu kendaraan strategis dalam sistem demokrasi. Sementara ini kan publik banyak mengkritik parpol, jadi sebenarnya saya melihat ada peluang besar untuk membangun parpol yang bersih, berintegritas, dan akuntabel,” ucap mantan Kepala Bagian Perancangan Peraturan dan Produk Hukum pada Biro Hukum KPK itu.

Ia mengatakan sedang mendiskusikan hal ini dengan kawannya yang satu gagasan dengannya.

“Saya sih sedang diskusikan terus dengan beberapa kawan yang punya gagasan sejalan, tapi kita lihat dulu, ya, termasuk kemungkinan untuk minta masukan dan pandangan dari tokoh-tokoh bangsa. Memang tantangannya tidak mudah karena syarat pendirian parpol kan memang rumit, tapi layak dicoba,” imbuhnya.