Aipda Ambarita Buka Suara Usai Dimutasi: Satya Haprabu!

Aipda Monang Parlindungan Ambarita alias Ambarita Raimas Backbone. Foto: dok. Instagram @mpbarita

Rancah.com – Anggota kepolisian Aipda Monang Parlindungan Ambarita dimutasi ke Bidang Humas Polda Metro Jaya setelah viral video aksinya memeriksa handphone warga saat patroli.

Anggota polisi yang dikenal sebagai Tim Raimas Backbone ini akhirnya buka suara.

Ambarita mengatakan prinsip Satya Haprabu. Hal ini yang berarti setia kepada pemimpin.

“Satya Haprabu (setia kepada pimpinan negara),” kata Ambarita, Rabu (20/10/2021) dikutip dari detik.

Ambarita tidak banyak bicara soal mutasi tersebut. Ia mengaku akan bekerja dengan sungguh-sungguh di tempat tugas baru.

“Yup. That’s right,” ucapnya.

Ambarita viral usai menggeledah paksa HP seorang pria, Tidak jelas kapan peristiwa itu terjadi.

Beredar video Aipda Ambarita Periksa HP Warga

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan aksi seorang anggota kepolisian, Aipda Ambarita, menggeledah paksa HP seorang pemuda. Ambarita mendapat banyak kritik karena menggeledah tanpa surat perintah.

Dalam video yang beredar itu, Aipda Ambarita terlihat ngotot dan berdalih petugas kepolisian memiliki wewenang memeriksa HP pemuda tersebut. Meski pemuda itu menolak saat dilakukan pemeriksaan paksa oleh Aipda Ambarita, Ambarita memaksanya.

“Tahu tugas dan wewenangnya polisi? Undang-undangnya privasi itu apa sih? Kita adu data,” ucap Ambarita dalam video yang viral, seperti dilihat Rancah di akun twitter @xnact, Selasa (19/10/2021).

Ambarita lalu mencecar pemuda itu soal tugas dan wewenang polisi.

Menurut Ambarita, polisi punya wewenang identitas masyarakat. Untuk diketahui, peristiwa ini terjadi saat Tim Jaguar Polres Metro Jakarta Timur melakukan patroli dan direkam video.

“Wewenang polisi memeriksa identitas, identitas. Tahu kau definisi identitas itu apa? Harus tahu kami siapa kau,” ujar Ambarita.

Ambarita tidak memberi kesempatan pemuda itu untuk berbicara, namun justru terus mencecarnya.

“Kalau ada perencanaan pembunuhan di situ? Memang saya kenal sama kau?” ujar Ambarita.

Mutasi Aipda Ambarita ke Bidang Humas Polda Metro Jaya

Diketahui Polda Metro Jaya memutasi dua polisi yakni Aiptu Jakaria atau Jacklyn Choppers atau Jack dan Aipda Ambarita. Keduanya dimutasi ke Bidang Humas Polda Metro Jaya.

Mutasi Aipda Ambarita dan Aiptu Jack itu tertuang dalam Surat Telegram bernomor ST/458/X/KEP./2021 per 18 Oktober 2021. Telegram tersebut ditandatangani oleh Karo SDM Polda Metro Jaya Kombes Putra Narendra atas nama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan ditujukan kepada Kabid Humas Polda Metro Jaya, Dirreskrimum Polda Metro Jaya, dan Kapolres Metro Jakarta Timur.

Dalam telegram tersebut, tertulis Aiptu Jakaria, yang menjabat Banit 9 Unit 2 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Metro Jaya, dimutasi sebagai Bintara Bid Humas Polda Metro Jaya.

Selain itu, ada Aipda Monang Parlindungan Ambarita, yang menjabat Banit 51 Unit Dalmas Satsabhara Polres Metro Jaktim, dimutasi sebagai Bintara Bid Humas Polda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, mengatakan mutasi keduanya merupakan penyegaran personel Polri. Dia mengatakan keduanya sudah cukup populer di media sosial, sehingga diharapkan dapat memperkuat bidang Kehumasan.

“Kami ini semuanya anggota Polda Metro Jaya, mutasi itu adalah hal yang wajar tour of duty ya kan, penyegaran. Termasuk Pak Jacklyn ya kan. Pak Jacklyn ini mutasi dari Jantaras ke Humas,” kata Kombes Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (19/10/2021).