Gunung Semeru Erupsi, Warga Berusaha Selamatkan Diri

Gunung Semeru erupsi/Foto: Tangkapan Layar (Video amatir warga)

Rancah.com – Gunung Semeru di Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi belum lama ini pada Sabtu, 4 Desember 2021.

Erupsi Gunung Semeru ini memuntahkan asap pekat berwarna abu hingga langit berubah gelap dan membuat suasana di wilayah di kaki gunung tersebut mencekam.

Dalam video yang beredar salah satunya diunggah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di akun Instagram miliknya terdengar takbir saling bersahutan menggema mengiringi letusan dahsyat tersebut.

Di video itu terlihat warga berlarian menjauh menyelamatkan diri sambil mengumandangkan takbir.

“Allah Akbar, Allah Akbar, Allah Akbar,” teriak warga yang yang memvideokan kejadian itu.

Khofifah dalam kolom keterangan video unggahannya menginformasikan saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas gunung Semeru.

Ia meminta masyarakat terdekat dapat menghindar dari lokasi.

“Video serupa saya terima dari Bupati Lumajang, BPBD dan masyarakat sekitar. Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas gunung Semeru. Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat,” tulis Khofifah dalam kolom keterangan video unggahannya dikutip Rancah, Sabtu (4/12/2021).

Khofifah mengatakan saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak dan BPBD Daerah juga sudah merapat ke lokasi.

Khofifah juga menyatakan malam ini akan langsung meninjau ke lokasi.

“Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi. Insya Allah malam ini saya ke lokasi. Mohon ihtiar dan do’a mugi selamet sedoyo,” sambung Khofifah.