CEK FAKTA: Megawati-Prabowo Sepakat Usung Ganjar?

Tangkapan layar – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri ke sidang senat terbuka dalam rangka pengukuhan gelar Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) di Universitas Pertahanan RI, Jumat (11/6/2021). ANTARA/Tangkapan layar Youtube PDI Perjuangan/pri. (ANTARA/Tangkapan layar Youtube PDI Perjuangan)

Rancah.com – Sebuah unggahan video di YouTube mengklaim Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri serta Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sepakat mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Pemilu Presiden 2024.

Kabar tersebut termuat dalam salah satu unggahan milik kanal YouTube PAKDE TV, yang sudah diputar hingga 100.000 ribu kali pada Selasa (30/11).

Berikut judul konten di YouTube yang diunggah sejak 25 November 2021 itu:
“BREAKING NEWS!!!
MEGA CALONKAN GANJAR! KONFERENSI PERS DISIARKAN LANGSUNG.
Berita Terkini Resmi Megawati Bersama Prabowo Akhirnya Sepakat, Ganjar Resmi Diusung 2 Partai Ini!”.

Tangkapan layar video hoaks yang menyatakan Megawati-Prabowo sepakat usung Ganjar (Youtube)

Video tersebut turut menampilkan poster dengan gambar Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, serta Kader PDIP yang juga putri Megawati, Puan Maharani.

Namun, benarkah Megawati-Prabowo sepakat mengusung Ganjar pada Pilpres 2024?

Penjelasan:

Hingga Selasa (30/11), tidak ditemukan informasi resmi dari media massa maupun keterangan dari kedua partai tentang pengusungan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Faktanya, video berdurasi 10 menit itu berisi cuplikan gambar dari konten milik Youtube TvOneNews berjudul “Pandangan Pengamat Politik Soal Pertemuan Prabowo, Puan Maharani dan Megawati” serta video berjudul “Ganjar Pranowo Belum Pikirkan Pilpres 2024”, sebagaimana dilansir dari turnbackhoax.

Setelah ditelusuri, konten dalam kanal YouTube PAKDE TV tersebut lebih banyak membahas proyeksi politik tentang peluang PDIP menerima “pinangan” Partai Gerindra di Pilpres mendatang.

Dengan demikian, narasi di YouTube tersebut merupakan hoaks. ANTARA.

Klaim: Megawati-Prabowo sepakat usung Ganjar
Rating: Hoaks