Indonesia Menang 4-1 atas Timor Leste, Shin Tae-yong Kecewa

Skuad Tim Nasional Indonesia dalam laga persahabatan melawan Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022).(SUCI RAHAYU/Kompas.com)

Rancah.com – Pelatih tim nasional Indonesia (Timnas), Shin Tae-yong mengaku kecewa dengan permainan tim meskipun Evan Dimas dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-1.

Laga Indonesia vs Timor Leste merupakan pertandingan persahabatan yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/1/2022).

Memang dalam pertandingan tersebut, Indonesia sempat kebobolan pada babak pertama lewat aksi Paulo Gali Freitas pada menit ke-34.

Usai jeda, Shin Tae-yong melakukan perubahan dengan memasukkan 3 pemain baru.

Pemain tersebut adalah Pratama Arhan, Hanis Sagara, dan Ronaldo Kwateh. Tiga pemain ini menggantikan Edo Febriansah, Ramai Rumakiek, dan Dedik Setiawan. Kehadiran ketiga pemain membuat permainan skuad Garuda lebih hidup.

Akhirnya, mereka mampu menyamakan kedudukan lewat sepakan indah Ricki Kambuaya setelah memanfaatkan umpan Ronaldo pada menit ke-65.

Setelah itu, Pratama Arhan mampu mencuri panggung perhatian. Dia sukses sebagai eksekutor penalti pada menit ke-77.

Lalu lemparan ke dalam dan umpan dari pemain PSIS Semarang tersebut mambut membuat Timor Leste mencetak 2 gol bunuh diri.

Akan tetapi, kemenangan tersebut tak lantas mampu mengusir kekecewaan Shin Tae-yong terhadap permainan timnas.

“Memang dari sisi skor menang 4-1, tapi sangat-sangat mengecewakan untuk pertandingan hari ini,” kata Shin Tae-yong dikutip dari Kompas.

Shin Tae-yong sangat kecewa dengan permainan anak asuhnya pada babak pertama. Jika terus bermain seperti itu, Shin Tae-yong menilai Indonesia akan sulit menjadi tim terkuat di Asia Tenggara.

“Saya pikir performa babak pertama harus dievaluasi dengan baik. Dengan performa seperti ini kami tidak akan menjadi tim yang kuat di Asia Tenggara. Semua pemain harus evaluasi. Saya akan berusaha agar tidak terjadi kedua kalinya,” tegasnya.

Shin Tae-yong mengaku sudah mengetahui apa yang perlu diperbaiki dari pasukannya.

“Saya akan berusaha lebih agar ada perkembangan dengan baik, mungkin harus meningkatkan mental pemain. Jadi, pertandingan kali ini memang tidak memuaskan,” tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Perbaikan yang akan dilakukan Shin Tae-yong bisa dilihat saat skuad Garuda melakoni laga kedua melawan Timor Leste. Pertandingan tersebut akan digelar Minggu (30/1/2022) nanti.