Home Berita Quick Count Menangkan Jokowi, Waketum PAN: People Have Spoken

Quick Count Menangkan Jokowi, Waketum PAN: People Have Spoken

22
Foto: Bara Hasibuan. (Lamhot Aritonang/detikcom).

Rancah.com – Sejumlah lembaga survei mengeluarkan hasil quick count yang hasilnya menempatkan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin unggul atas lawannya, Prabowo-Sandi. Waketum PAN Bara Hasibuan percaya dengan hasil itu dan menurutnya itu merupakan suara rakyat.

“Dengan 10 lembaga polling membuka data dan metodologi mereka ke publik, maka kredibilitas hasil survei mereka makin kuat dan tidak diragukan lagi. Dari awal sebetulnya hasil survei mereka, yang memenangkan Jokowi-Maruf Amin, sudah kredibel mengingat track record mereka yang selalu consistent dengan hasil real count KPU selama 3 pemilu sebelumnya,” kata Bara Hasibuan kepada wartawan, Senin (22/4/2019).

Baca :   KPU Beri Santunan ke Keluarga Petugas KPPS yang Meninggal Rp36 Juta

“Hasil quick count ini ini adalah gambaran kuat akan hasil yang akan diumumkan KPU bulan depan. People have spoken (rakyat telah berbicara),” imbuh dia.

Bara Hasibuan mengatakan semua peserta pemilu harus bersikap negarawan menyikapi hasil sementara Pilpres 2019 itu. Dia meminta semua pertentangan disudahi saja.

“Calon harus menunjukkan sikap kenegarawanan dengan mempersiapkan para pendukungnya untuk menerima hasil itu. Sikap yang terus menerus menentang hasil itu, tanpa menunjukkan data yang kredibel, adalah tidak bertanggung jawab,” jelas Bara.

Bara Hasibuan memilih percaya dengan penyelenggara pemilu. Dia meminta semua pihak menghargai proses demokrasi. “Elite harus tunjukkan sikap yang menghargai institusi dan proses demokrasi,” tegas dia.

Baca :   Sandiaga: Sekarang lagi Tabulasi, Jangan Terlalu Banyak Kritik, Tahan Dulu Komentarnya

Rekapitulasi akhir KPU secara nasional rencananya akan keluar pada Rabu (22/5). KPU tetap akan menggunakan perhitungan manual berjenjang untuk memutuskan penetapan hasil Pemilu 2019. (Detik)


Loading...
Komentar Anda