Ibunda Jokowi Meninggal di Usia 77 Tahun

Jokowi bersama ibunda (en.tempo.co)

Rancah.com – Berita duka kembali menyelimuti Presiden Indonesia Joko Widodo atau kerap dipanggil dengan Jokowi. Belum selesai bencana virus corona atau covid-19, Jokowi kembali diguncang duka akan kepergiaan ibundanya. Hal ini telah dikonfirmasikan baik dari wakil menteri maupun staf khusus presiden.

Dikutip dari CNBC Indonesia (25/3/2020), ibunda Jokowi yang bernama Sudjiatmi Notomihardjo meninggal dunia di Solo. Wanita yang kerap dipanggil Ibu Noto tersebut lahir pada tanggal 15 Februari 1943 di Surakarta. Kini tepatnya pada tanggal 25 Maret 2020 Ibu Noto meninggal dalam usia 77 tahun.

Berita ini diumumkan lewat pesan singkat. Dikutip dari CNN Indonesia (25/3/2020), Budi Arie, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengumumkan, “Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Eyang Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden Jokowi Berpulang di Solo pukul 16.45 tadi.” Budi Arie juga menambahkan “Mohon doanya dan semoga almarhumah husnul khotimah. Amin YRA.”

Tak hanya dari Budi Arie, kematian ibunda Jokowi juga dikonfirmasi kepada Staf Khusus Presiden. Dikutip dari Kompas (25/3/2020), Angkie Yudistia sebagai salah satu staf khusus presiden mengatakan, “Iya betul, saya juga mendapatkan info tersebut dari sekretaris Pribadi Bapak (Jokowi),” ujarnya pada Rabu sore.

Dikutip dari sahabatkeluarga.kemdikbud (27/12/16), Ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo menikah dengan almarhum Notomiharjo dan memiliki 4 anak. Jokowi adalah anak sulung, sedangkan adiknya adalah Iit Sriyantini, Idayati dan Titik Ritawati.

Beberapa pesan yang disampaikan Ibunda kepada Jokowi saat menjabat dengan jabatan tinggi diantaranya ”Saya cuma mengingatkan saja. Kamu bukan hanya milik keluarga, sekarang sudah punya bangsa Indonesia,” katanya. ”Sepuluh tahun kok naik pangkat tiga kali. Kamu harus bersyukur jangan menggak-menggok (belak belok), lurus saja. Jangan aneh-aneh diberi amanah sama rakyat, sama Allah. Dijalankan dengan baik,” tambahnya. Beberapa hal yang ditekankan ibunda Jokowi kepada anak-anaknya termasuk Jokowi adalah pendidikan budi pekerti, kesederhanaan hidup, kerendahan hati.