Berbagai Kegiatan Virtual Untuk Isi Masa Isolasi Diri, Lomba Lari hingga ke Museum

Poster konser online dan penggalagan dana dari narasi (instagram.com/najwashihab)

Rancah.com – Virus corona yang menyebar dengan cepat memaksa setiap orang untuk tetap tinggal di rumah. Hal ini untuk meminimalisir kontak antar satu orang dengan yang lainnya. Dampaknya aktivitas di luar ruangan hampir tidak ada, seperti jalan-jalan atau nonton konser tidak bisa dilakukan. Tapi ternyata tak semua aktivitas di luar tidak bisa dilakukan, lho. Beberapa aplikasi menyediakan layanan agar bisa merasakan aktifitas diluar.

Dikutip dari Liputan6 (26/3/2020), Narasi dan sederet musisi tanah air menggelar konser online yang diisi oleh musisi kondang. “Ini adalah rangkaian Konser Musik #dirumahaja mulai 25-28 Maret 2020, suatu kolaborasi bersama untuk penggalangan dana membantu penanganan Corona,” kata Najwa Shihab, co-founder Narasi. Beberapa musisi yang turut andil dalam konser online ini diantaranya Afgan, Andien, Admesh, Anji, Ardhito Pramono, Ari Lasso, Armand Maulana, Hivi, Judika, Kunto Aji, Petra Sihombing, Rendy Pandugo, Rossa, Ridho Hafiedz & Kaka, Trio Lestari, Vidi Aldiano, Yura Yunita, Iwan Fals, dan masih banyak lagi. Tak hanya konser tapi juga ada penggalangan dana, dimana 100 persen dana akan diberikan kepada masyarakat yang rentan, diantaranya tenaga medis dan masyarakat kecil yang terpaksa harus bekerja di luar rumah.

Selain konser ada juga wisata keliling museum secara virtual. Dikutip dari CNN Indonesia (21/3/2020), banyak tempat yang harus tutup karena corona tapi seakan tak kehabisan ide Google Arts and Culture bermitra dengan lebih dari 2.500 museum dan galeri menawarkan keliling museum secara virtual. Beberapa museum yang bisa dikunjungi diantaranya adalah British Museum di London, Rijksmuseum di Amstredam, National Gallery of Art di Washington D.C, Guggenheim Museum di New York, National Museum of Modern and Contemporary Art di Seoul, Pergamon Museum di Berlin, Van Gogh Museum di Amsterdam, The J. Paul Getty Museum di Los Angeles, Musee d’Orsay di Paris, National Museum of Anthropology di Mexico City.

Ada juga yang dalam bentuk lomba lari virtual. Dikutip dari Liputan6 (25/3/2020), salah satu aplikasi lari JomRun meluncurkan lomba lari yang diberi judul  “COVID-19 Battle Virtual Half Marathon”. Pendaftaran lomba lari ini dilakukan pada 17 Maret 2020 hingga 17 Juni 2020, dimana ada dua pilihan jarak yaitu 5 km dan 21 km (half marahton). Untuk hal-hal terkait lomba misalnya registrasi, hingga pengukuran dan pengunggahan data jarak tempuh akan tertera jelas pada aplikasi tersebut.