Lebih Menantang, Relawan Akan Disuntik Virus Covid-19 Dalam Uji Coba hVIVO

Ilustrasi Vaksin Covid-19. Foto : iStock

 

Di tengah berbagai negara tengah berlomba-lomba menemukan vaksin Covid-19, kali ini uji coba vaksin Covid-19 justru akan dilakukan dengan menyuntikkan virus Covid-19 ke tubuh relawan.

 

Dilansir dari laman Reuters, Sabtu (17/10/2020), perusahaan bioteknologi di Inggris saat ini tengah membicarakannya dengan pemerintah. Adapun rencana uji coba yang dinilai terlalu ‘menantang’ ini, dikerjakan oleh hVIVO, unit farmasetika dari grup Open Orphan.

 

“Dalam uji coba ini, kami tengah berdiskusi dengan sejumlah pihak termasuk pemerintah Inggris terkait penelitian Covid-19. Dan ketika salah satu kontrak ditandatangani, maka kami akan segera mengumumkannya,” kata Excutive Chairman Open Orphan, Cathal Frel.

 

Rencana ini tentu saja dianggap telah menghadapi tantangan etis dari banyak orang. Terlebih lagi, tak sedikit kritik dari publik yang mengatakan, bahwa tindakan sengaja menyuntik relawan dengan penyakit yang potensial mematikan dan belum ada obatnya ini merupakan hal yang tidak etis.

 

Meski demikian, di sisi lain ada pendukungnya yang menilai jika cara ini merupakan jalan pintas untuk mengatasi pandemi Covid-19.