Joe Biden Ungguli Donald Trump Dalam Hasil Sementara Pilpres AS

Calon Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. Foto : AP

 

Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden dikatakan hampir mendekati ambang batas kemenangan yang ditetapkan dalam jumlah suara elektoral yang diraih.

 

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (5/11/2020), Biden dinyatakan unggul sementara dalam penghitungan suara elektoral pada hari ini pukul 06.20 WIB. Dimana, ia memperoleh 253 suara elektoral.

 

Berbeda dengan pesaingnya Donald Trump yang mendapatkan 213 suara. Sementara itu, menurut hasil perhitungan Associated Press, Biden meraih 264 suara. Sedangkan Trump sampai saat ini mendapatkan 214 suara elektoral.

 

Untuk bisa memenangkan pilpres kali ini, masing-masing capres diharuskan untuk mendapatkan 270 dari 538 suara elektoral. Seperti diketahui, bahwa keunggulan Biden untuk memperlebar selisih suara dari Trump ini lantaran dia memenangkan suara elektoral di Michigan dan Wisconsin. Dimana, wilayah tersebut mulanya dikuasai oleh Trump.

 

Meski demikian, proses rekapitulasi suara electoral saat ini hanya tinggal menunggu dari beberapa negara bagian yakni Alaska, Arizona, Georgia dan Nevada. Apabila nantinya Biden unggul di Nevada dan Arizona, maka perolehan suaranya diperkirakan tidak akan terkejar lagi.