Tak Akui Kemenangan Joe Biden di Pilpres AS, Menlu AS Sebut Donald Trump Akan Tetap Berkuasa

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo. Foto : ANTARA

 

Meski Joe Biden dinyatakan keluar sebagai pemenang dalam pilpres Amerika Serikat (2020) kemarin, namun Menteri Luar Negeri As, Mike Pompeo mengatakan Presiden Donald Trump akan tetap berkuasa. Bahkan, Pempeo pun menjanjikan adanya transisi yang mulus ke pemerintahan Trump periode kedua.

 

“Akan ada transisi mulus ke pemerintahan Trump kedua. Dunia harus yakin bahwa transisi yang diperlukan untuk memastikan bahwa Departemen Luar Negeri berfungsi hari ini dengan presiden yang menjabat pada 20 Januari satu menit setelah pelantikan akan berhasil,” kata Pompeo dalam konferensi pers mengacu pada tanggal pelantikan presiden, seperti dilansir dari laman AFP, Rabu (11/11/2020).



Ketika ditanya mengenai apakah Amerika Serikat masih dapat mengeluarkan pernyataan yang menyerukan pemilihan bebas di seluruh dunia, Pompeo lantas menjawab pertanyaan itu sebagai hal yang “konyol.”

 

“Departemen ini sangat peduli untuk memastikan bahwa pemilu di seluruh dunia aman dan terjamin serta bebas dan adil, dan pejabat saya mempertaruhkan nyawa mereka untuk memastikan itu terjadi,” kata Pompeo.

 

Merespons sikap Pompeo yang tak mengakui kemenangan Biden tersebut, membuat pejabat Departemen Luar Negeri dan diplomat terkejut, bingung dan marah.

 

Meski demikian, para pemimpin dunia, termasuk sekutu AS telah memberi ucapan selamat kepada Joe Biden atas kemenangannya yang unggul dalam Pilpres AS. Di antaranya seperti Presiden Prancis, Emmanuel Macron; Perdana Menteri Irlandia, Micheál Martin; Kanselir Jerman, Angela Merkel; hingga Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

 

Tak hanya Pompeo yang tak mengakui kemenangan Biden, Trump rupanya juga masih belum mengakui kekalahan dalam Pilpres AS hingga hari ini. Bahkan, ia pun kembali mengklaim kemenangan dalam Pilpres AS lewat Twitter.

 

“Kita akan menang!” cuit Trump lewat twitter pribadinya.

 

Bersama dengan tim kampanye-nya, Trump bahkan menegaskan akan menempuh jalur hukum untuk menolak hasil pilpres yang memenangkan Biden. Ironisnya, dia dan timnya justru menuduh terjadi kecurangan di Pennsylvania dan negara bagian lain yang memenangkan perolehan suara Biden. Akan tetapi, klaim tersebut dilontarkan tanpa bukti.

 

Terkait sikap Trump tersebut, Biden menyebut hal itu sangat memalukan. Meski demikian, Presiden terpilih AS dari Demokrat itu juga memastikan bahwa penolakan Trump tak akan bisa mempengaruhi jalannya pemerintahan di bawah kepemimpinannya nanti.