Kebohongan Pegawai Pizza Berimbas Pada Berakhirnya Lockdown di Australia

Ilustrasi Foto : AFP

 

Dikarenakan kebohongan seorang pegawai toko pizza di Australia Selatan soal bagaimana dia tertular virus Covid-19, membuat negara itu akan mengakhiri lockdown Covid-19.

 

Seperti dilansir dari laman AFP, Sabtu (21/11/2020) Perdana Menteri Steven Marshall sebelumnya telah mengindikasikan bahwa penguncian yang sulit itu akan berakhir pada Sabtu (21/11/2020) malam. Atau setidaknya dua hari lebih awal dari yang direncanakan.

 

Diungkapkan oleh Marshall, bahwa seorang pria yang mengklaim bahwa dia merupakan pelanggan di kedai pizza yang menjadi hotspot infeksi virus Covid-19 telah membuat pihak berwenang percaya bahwa virus itu cukup ganas. Apalagi untuk ditularkan melalui kotak makanan. Bahkan, orang itu sebenarnya bekerja disana.

 

“Salah satu kontak dekat yang terkait dengan bar pizza Woodville sengaja menyesatkan tim pelacakan kontak kami. Kisah mereka tidak sesuai. Kami mengejar mereka. Sekarang kami tahu bahwa mereka berbohong,” kata Marshall.

 

Meski demikian, polisi menyebut bahwa kemungkinan pria itu tidak akan menghadapi tuntutan.

 

“Undang-undang Manajemen Darurat mengharuskan orang memberikan informasi atas permintaan. Tidak ada hukuman jika gagal menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan jujur,” kata komisaris polisi, Grant Stevens.

 

Di samping itu, otoritas setempat juga menekankan bahwa penguncian masih akan diperlukan dan pelanggan kedai pizza itu juga harus tetap maju untuk pengujian. Diketahui pada Rabu (18/11/2020), mereka langsung memerintahkan sekolah, toko, pub, pabrik untuk tutup dan perintah tinggal di rumah dikeluarkan untuk penduduk di seluruh negara bagian.

 

Dan sejak saat itulah, puluhan ribu tes menunjukkan tidak ada penularan komunitas baru. Sementara cluster tersebut, hanya berjumlah 25 kasus, yang mengarah ke tuduhan bahwa pihak berwenang bereaksi berlebihan.

 

Hal ini tentu membuat orang-orang di Adelaide dan negara bagian lainnya akan dapat segera meninggalkan rumah mereka untuk berolahraga. Bahkan, sebagian besar pembatasan lainnya akan dilonggarkan pada Sabtu (21/11/2020) malam.